Operasi Yustisi di Ponrang Luwu, Petugas Sisir Cafe

BERITA.NEWS, Luwu – Kapolsek Ponrang Iptu Sadsali Kareba mengaku pihaknya sangat serius dalam menangani Covid-19 di wilayahnya, dengan gencar menggelar operasi yustisi.

Hal ini menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpers) Nomor 6 tahun 2020 dan Peraturan Bupati Luwu nomor 107 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Seperti yang digelar Sabtu (10/10/2020), pihaknya bersama dengan TNI dan Satpol-PP menggelar operasi yustisi.

“Operasi yustisi ini akan rutin kami lakukan, jadi kami berharap akan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker merupakan langkah kita untuk memberi keselamatan kepada diri sendiri maupun keluarga tercinta agar terhindar dari penularan covid-19,″ jelasnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini dilakukan secara massif dan humanis kepada masyarakat. “Bagi yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah diberi sanksi yang tegas, yakni tindak pidana ringan atau tipiring,” ujar Kapolsek Ponrang Iptu Sadsali Kareba.

Baca Juga :  Bupati Luwu Bangun 7 Rumah Bagi Masyarakat Terdampak Banjir

Pada Sabtu (10/10/2020) malam, operasi yustisi yang dimulai pukul 21.30 Wita, menyisir cafe di jalan poros Palopo-Makassar. Kemudian dilanjutkan ke sejumlah cafe di wilayah Padang Sappa, Ponrang.

Kasi Ops Satpol-PP Ilham S.Pi menjelaskan operasi yustisi ini digelar untuk meningkatkan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Selain itu operasi ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Operasi akan dilakukan di sejumlah lokasi dan sasaran utama adalah klaster COVID-19, lokasi keramaian, cafe, dan fasilitas umum,” katanya.

Ilham mengajak seluruh masyarakat Ponrang dalam beraktivitas di luar rumah untuk selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan, terutama mengenakan masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Baca Juga :  Bupati Luwu Bangun 7 Rumah Bagi Masyarakat Terdampak Banjir

“Mari kita biasakan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sehingga dapat menekan dan mengendalikan penyebaran COVID-19,” ungkap Ilham.

Ia menambahkan, Satpol-PP bersama Polsek dan Danramil 1403/04 Padang Sappa akan melaksanakan sinergitas khususnya membantu, mendukung, mendampingi, mendorong dan sekaligus mengawasi masyarakat maupun instansi terkait dalam melaksanakan tugas dan kegiatan agar taat protokol kesehatan.

. MUH ASRI

loading...