Lahan Pertanian Kering, Anir-Lutfi Rencanakan Perluas Bendungan Tabo-tabo

BERITA.NEWS, Pangkep – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangkep, Andi Nirawati-Lutfi Hanafi punyan keinginan untuk memperluas bendungan Tabo-tabo. Ini dilakukan, untuk menambah daya tampung bendungan.

Hal ini direncanakan, menanggapi keluhan banyak petani di Pangkep, yang lahan pertaniannya kering. Pasangan nomor urut 4 ini, memang punya program pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi pertanian.

Warga di Kelurahan Bori Appaka misalnya, yang mengeluhkan pintu air irigasi di perbatasan Mappasaile, dan Kelurahan Boriappaka, karena hingga saat ini kondisinya rusak.

Salah satu anggota kelompok tani Bori Appaka, Rusman kepada tim kampanye Anir-Lutfi mengatakan, kerusakan pintu air tersebut mengakibatkan gangguan terhadap aliran air ke sawah yang mengakibatkan berkurangnya hasil pertanian.

“Ada puluhan hektar sawah di belakang rumah ini. Artinya sangat membutuhkan aliran air dari pintu air irigasi itu. Na, sampai sekarang rusak, itu merembes ki bocor di bawahnya jadi airnya tidak mengalir bagus ke sawah,” kata Rusman saat menunjukkan pintu air irigasi yang rusak pada tim Anir-Lutfi, Sabtu (10/10/2020).

Baca Juga :  Kampanye di Desa Lino, Indah Nostalgia Perjuangan Jalan Lingkar Luar

Dia menuturkan, kerusakan yang terjadi pada pintu air itu sudah berlangsung sejak lima tahun belakangan. Dirinya menduga kurang baiknya proyek yang dikerjakan sehingga kerusakan itu telah terjadi sejak awal didirikan.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Anir-Lutfi, Sofyan Razak, yang turut hadir di lokasi mengatakan, Anir-Lutfi akan mengakomodir kepentingan petani Bori Appaka apalagi sangat berkaitan dengan program prioritas Anir-Lutfi perihal pertanian.

“Tentu akan kami bantu, apalagi ini sesuai dengan program prioritas kami. Biayanya tidak seberapa makanya diperlukan dukungan ke kami agar bisa terealisasi,” kata dia saat meninjau pintu air di perbatasan Mappasaile dan Bungoro tersebut.

Dia menjelaskan pintu air tersebut akan dilakukan penambalan dan ditambah, sehingga bangunannya agak tinggi.

Baca Juga :  Warga Pulau Sebut Anir-Lutfi Sosok Pemimpin Peduli dan Disiplin

“Kalau bahannya seperti pasir, semen bebatuan itu sudah bisami, bagusmi itu. Semoga pas naik ibu langsung mi bisa dikerjakan ini. Kebutuhannya kan mendesak, apalagi pada musim kemarau,” jelas dia.

Program lain Anir-Lutfi di bidang pertanian, yakni pemberian modal ke Perusda agar Perusda membeli hasil panen petani saat pesta panen; memberikan bantuan alat mesin tani (alsintan) yang berkualitas; memberikan bantuan bibit berkualitas secara gratis; menjamin ketersediaan pupuk melalui program KUR.

Juga akan diberikan bantuan hewan ternak unggas (bebek) bagi keluarga tidak mampu secara berkelanjutan dan memberikan bantuan sumur bor untuk membantu petani padi dan jeruk pada musim kemarau. (*)

loading...