Hongaria-Islandia Saling Berhadapan di Final Playoff EURO Jalur A

Pemain tim nasional Hongaria, Zsolt Kalmar, melakukan selebrasi selepas mencetak gol dari eksekusi tendangan bebas ke gawang Bulgaria dalam laga semifinal playoff kualifikasi EURO 2020 di Stadion Nasional Vasil Levski, Sofia, Bulgaria, Kamis (8/10/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Stoyan Nenov)

BERITA.NEWS, Jakarta – Tim nasional Hongaria dan Islandia akan berhadapan satu sama lain di final playoff kualfikasi EURO 2020 Jalur A setelah menyingkirkan lawan masing-masing dalam laga semifinal yang berlangsung Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Hongaria yang bertandang ke Stadion Nasional Vasil Levski, Sofia, sukses mempecundangi tuan rumah Bulgaria dengan kemenangan 3-1, demikian catatan laman resmi UEFA.

Willi Orban mencetak gol menggunakan dadanya menyambut bola sepak pojok kiriman Zsolt Kalmar pada menit ke-17 untuk membawa Hongaria memimpin dan keunggulan itu berhasil dipertahankan Hongaria hingga turun minum, di tengah upaya Bulgaria bangkit membalas.

Dua menit selepas sepak lanjut babak kedua, Kalmar mengeksekusi tendangan bebas dengan baik menguburkan bola ke pojok kanan bawah gawang demi menggandakan keunggulan Hongaria.

Baca Juga :  Gol Marcus Rashford Antar MU Pecundangi PSG 2-1

Alih-alih membalas, gawang Bulgaria kebobolan lagi pada menit ke-75 saat umpan silang Szilveszter Hangya diselesaikan dengan sundulan Nemanja Nikolics yang menambah keunggulan Hongaria 3-0.

Gol balasan Bulgaria telat terbit, baru tercipta semenit jelang bubaran waktu normal lewat sepakan kaki kanan Georgi Yomov, yang hanya cukup memperkecil kekalahan 1-3 dari Hongaria.

Sementara itu di Stadion Laugardalsvollur, Reykjavik, Islandia memetik kemenangan tipis 2-1 atas Rumania untuk meloloskan diri ke final playoff EURO Jalur A.

Gylfi Sigurdsson membuka keunggulan Islandia saat pertandingan baru berjalan 16 menit, lewat sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti menyelesaikan umpan kiriman Johann Berg Gudmundsson.

Gelandang Everton itu mencetak gol keduanya pada menit ke-34 setelah menerima umpan dari Alfred Finnbogason.

Rumania baru bisa membalas pada menit ke-63 melalui eksekusi penalti Alexandru Maxim, tetapi momentum itu tak mampu dimanfaatkan dan Islandia mempertahankan keunggulan 2-1 hingga bubaran

Baca Juga :  Brugge Sukses di Markas Zenit

Hongaria mendapat keuntungan kandang di final playoff EURO Jalur A dengan menjamu Islandia di Puskas Arena, Budapest pada 12 November.

Jika meraih kemenangan di final, Hongaria bakal tampil di putaran final EURO untuk keempat kalinya setelah 1964, 1972 dan 2016.

Sedangkan Islandia baru pertama kali tampil di putaran final EURO pada 2016 lalu dan cukup gemilang berhasil mencapai perempat final.

. ANTARA

loading...