Akan Sinergi Dengan Gubernur Nurdin Abdullah, Appi Akan Fokus penyediaan Listrik di Pulau

BERITA.NEWS, Makassar – Kesejahteraan masyarakat pesisir dan kepulauan menjadi salah satu prioritas bagi pasangan calon Wali kota dan wakil Wali kota Makassar, Munafri-Arifuddin-Abd Rahman Bando, untuk segera diwujudkan.

Hal itu semakin dipertegas Appi sapaan karib Munafri di hadapan warga Pulau Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, saat kampanye dialogis, Kamis (8/10/2020) pagi.

Dalam kesempatan itu sejumlah warga kembali menyatakan keluhan mereka mulai dari masalah listrik yang tak kunjung usia, hingga persoalan besarnya biaya yang harus dikeluarkan warga untuk membiayai sekolah anak mereka di daratan Makassar.

“Sampai sekarang listrik di sini bisa dibilang termahal di dunia, kita bisa bayar sampai 250 ribu sebulan itu pun dinikmati tidak 24 jam. Kalau bisa juga tolong diperhatikan kasian kami ini yang kasi sekolah anaknya di kota, ada yang kost-kostan mungkin bisa dibantu kasi beasiswa atau apapun itu bentuknya,” ucap H Muchsin, salah satu warga.

Diketahui sebelumnya tenaga listrik di Pulau Barrang Caddi masih dihasilkan melalui mesin genset dengan menggunakan bahan bakar.

Pengadaan genset ini sendiri masih swadaya masyarakat lantaran belum adanya aliran listrik dari PLN

Baca Juga :  Appi di Mata Sandiaga Uno: Inovatif dan Proaktif, Ciri Khas Pengusaha Makassar

Menanggapi keluhan warga itu, Appi pun menyebut bahwa dirinya bersama Rahman Bando sudah menyusun program khusus masyarakat pesisir dan kepulauan.

Pertama terkait keluhan besarnya biaya yang harus dikeluarkan warga menyekolahkan anaknya di luar pulau, akan diringankan dengan membangun asrama atau mess.

“Mess nanti ini diperuntukan khusus untuk anak-anak kita dari pulau yang sekolah di kota secara gratis. Bukan hanya itu masyarakat dari kepulauan juga bisa menempati semisal sewaktu-waktu ada masalah yang terjadi di daratan dan tidak bisa kembali ke pulau, misalnya ombak tinggi atau badai itu bisa tinggal dulu di mess, begitu kira-kira peruntukannya,” terang Appi.

Sementara itu terkait dengan persoalan listrik mantan Ketua Bidang Kemaritiman Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) itu sudah ada dari Pemerintah Provinsi.

“Tinggal kita dorong bersama lagi, dan lihat apa-apa yang dibutuhkan untuk mempercepat terkait listrik dengan kabel bawah laut itu. Makanya tidak boleh kita lawan Gubernur atau bertentangan supaya apa supaya kita bisa saling bersinergi,” ucapnya.

Baca Juga :  Sosok Rahman Bando; Birokrat Senior, Paling Pas Bersama Appi

Selain itu Appi juga menjabarkan beberapa program lainnya menyangkut dengan peningkatan taraf kesejahteraan warga pulau.

Diantaranya yakni akan menyalurkan subsidi untuk transportasi kapal penumpang.

Memberdayakan dan menghadirkan UMKM dengan menempatkan Pemerintah kota Makassar sebagai pembina.

Mulai dari pembentukannya hingga pemasaran.

Kemudian menghadirkan internet gratis agar bisa diakses oleh warga utamanya para pelajar untuk meningkatkan mutu pendidikannya termasuk pula beasiswa bagi anak sekolah.

“Harus sama tidak ada bedanya, antara masyarakat pulau dengan masyarakat lainnya, harus punya hak dan kewajiban yang sama,” katanya.

Kunjungan Appi di Barrang Caddi ini turut didampingi oleh anggota DPRD kota Makassar dari Partai Demokrat, Ray Suryadi Arsyad, serta beberapa tokoh masyarakat setempat.

Tak lupa pula seperti pada kampanye-kampanye di lokasi lainnya Duta Sehat diterjunkan untuk membagikan masker dan handsanitizer secara gratis.(*)

loading...