Arteta Kemungkinan Coret Mesut Ozil dari Skuad Arsenal, Ini Penyebabnya

Bintang Arsenal, Mesut Ozil (AP Photo)

BERITA.NEWS, Jakarta – Arsenal tengah sibuk menentukan nama-nama pemain yang masuk dalam daftar skuad final untuk dilaporkan ke Premier League. Skuad mereka terlalu gemuk, harus ada beberapa nama yang dicoret.

Menukil Goal, Premier League mengumumkan bahwa klub punya kesempatan sampai 20 Oktober untuk melaporkan daftar skuad final berisi 25 pemain. Ada ketentuan khusus, yakni maksimal 17, dan minimal 8 pemain non-homegrown.

Homegrown player adalah mereka yang, terlepas dari kewarganegaraannya, telah berlatih bersama klub terkait atau klub lain di negara yang sama selama minimal tiga tahun, di antara usia 15-21 tahun.

Mengutip Bolanet, gara-gara peraturan ini, Mikel Arteta mungkin terpaksa mencoret dua pemain seniornya. Siapa yang jadi korban?

Arsenal menuntaskan transfer Thomas Partey pada deadline day kemarin, pembelian bagus untuk Arteta. Namun, kedatangan Partey plus kegagalan Arsenal menjual pemain senior berujung masalah baru.

Saat ini Arteta punya 19 pemain non-homegrown dalam skuadnya, kebanyakan dua nama. Artinya, dia mungkin harus membuat keputusan sulit mencoret dua nama.

Saat ini bursa transfer lokal sepak bola Inggris masih dibuka. Klub-klub Premier League bisa berbisnis dengan klub kasta kedua dan berikutnya sampai 16 Oktober nanti.

Baca Juga :  Main di Kandang, AS Roma Kerja Keras Tundukkan Benevento 5-2

Namun, kecil kemungkinan ada pemain senior Arsenal yang rela turun kasta.

Sebab itu, Arteta harus memutuskan siapa dua nama yang tidak dia cantumkan dalam daftar final 25 pemain Arsenal untuk paruh pertama musim 2020/21 ini.

Arteta sendiri sudah mengakui rumitnya masalah ini. “Saya sangat senang dengan semua pemain dan dengan cara mereka berlatih,” buka Arteta.

“Namun, pemilihan pemain jadi jauh lebih rumit dan dengan peraturan baru ini situasinya semakin sulit.”

Sebenarnya pada deadline day kemarin Arsenal berniat melepas beberapa pemain, tapi bursa transfer memang alot karena klub-klub tak punya banyak uang.

Kemarin Arsenal bisa melepas Matteo Guendouzi ke Hertha Berlin dan Lucas Torreira ke Atletico Madrid.

Namun, transfer Sead Kolasinac ke Bayer Leverkusen batal terwujud. Dan Arsenal gagal menuntaskan kesepakatan meminjamkan William Saliba ke Saint-Etienne.

Sokratis dan Shkodran Mustafi juga masuk daftar jual, tapi Arsenal tidak bisa menemukan klub pembeli. Dua pemain itu sekarang memasuki tahun terakhir dalam kontraknya.

Baca Juga :  Tiga Keputusan Wasit Bantu Crotone Imbangi Juventus 1-1

Sekarang Arteta punya delapan bek tengah dalam skuadnya. Artinya bisa saja dia mencoret satu nama di antara para bek.

Satu nama diambil dari barisan bek, tapi masih ada satu nama lagi yang tidak akan bisa bermain untuk Arsenal di Premier League musim ini.

Di sinilah nama Mesut Ozil kembali disebut-sebut. Dia adalah pemain dengan gaji terbesar di Arsenal, tapi justru jarang memberikan kontribusi di lapangan.

Arteta selalu membuka pintu kembalinya Ozil ke starting XI, tapi karena menit bermain yang begitu minim, bisa jadi Ozil yang akan dikorbankan Arteta.

Dua nama yang dicoret masih akan berstatus pemain Arsenal, tapi mereka tidak bisa tampil di Premier League. Kira-kira siapa yang akan dikorbankan Arteta ya?

loading...