Pekan Perpustakaan, DPK Sulsel Komitmen Dukung Pegiat Literasi dan Budaya

Kepala DPK Sulsel Hasan Sijaya. (dok. DPK Sulsel)

BERITA.NEWS, Makassar – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sulsel Hasan Sijaya mengaku siap mendukung penuh kelompok pegiat literasi yang disebutnya sukarela cerdaskan generasi muda.

Hal itu ditegaskan Hasan Sijaya saat ditemui di kegiatan Pekan Perpustakaan Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dilakukan di Kantor DPK Jalan Sultan Alaudin Makassar, Senin (5/10/2020). Diikuti 24 kabupaten dan Kota.

“Pekan Perpustakaan itu kegiatan menjadi rutinitas Dinas Perpustakaan setiap tahunnya dua kali. Ini tentu mengundang 24 kabupaten kota stakeholder lain budayawan seniman para pegiat literasi,” ucapnya.

Menurutnya, Pekan Perpustakaan tersebut merupakan bagian dari performance DPK Sulsel, juga sebagai indikator penilaian kelembagaan bagi masyarakat, dibidang gerakan literasi.

“Kedua ini jadi gambaran koordinasi kita kepada dinas perpustakaan kearsipan nasional, kabupaten dan kota. Kita selalu harus tampilkan hal berbeda dengan inovasi- inovasi berbeda,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hasan mengatakan dalam hal literasi Sulsel tidak ketinggalan. Hal itulah, yang menjadi komitmen dan semangat DPK perkuat gerakan literasi kebangsaan di seluruh daerah.

“Kalau judulnya literasi pertama kita semakin tahu isi Sulsel banyak orang cerdas, banyak yang buat buku, kita tidak kurang budayawan. Ini paling mendorong saya lakukan ini, peningkatan pegiat literasi kita di 24 kabupaten kota mereka ini tidak digaji loh,” ungkapnya.

“Tetapi mereka itu semakin besar dia punya kelompok, di Makassar saja ada 150-an pegiat literasi. Saya punya relawan dengan sukalera lakukan literasi titik baca, perpustakaan lorong. Macam-macam kegiatan,” pungkasnya.

. ANDI KHAERUL

loading...