Gubernur NA Minta SMA/SMK di Sulsel Ikuti Lomba Esai Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang

Gubernur Sulsel saat menerima Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi.

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) support generasi muda Sulsel khususnya siswa SMA dan SMK untuk mengikuti lomba esai persahabatan Indonesia-Jepang. Lomba tersebut kali ketiga sejak dilaksanakan di Sulsel tahun 2018 lalu.

“Ini bagus Pak, kita ikutkan anak-anak didik kita untuk berlatih diri untuk menulis esai,” kata NA saat menerima Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi di Rujab Gubernur, Selasa (29/9/2020).

NA meminta supaya Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Prof Jufri menyampaikan hal tersebut kepada anak-anak didik, khususnya tingkat SMA/SMK sederajat untuk mengikuti lomba tersebut.

“Kita kasih hadiah bagi anak-anak kita. Nanti diatur saja apa hadiahnya, bisa motor, sepeda atau laptop,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi, menjelaskan, lomba esai persahabatan Jepang-Indonesia dalam rangka memperingati hubungan diplomatik Jepang-Indonesia yang ke-60.

“Esai ditulis dalam bahasa Indonesia agar siswa dari sekolah yang tidak mempelajari bahasa Jepang pun bisa turut berpartisipasi dan meningkatkan minatnya terhadap jepang,” jelasnya.

Sedangkan untuk tema lomba esai ini, yakni Prediksi Saya Tentang Perkembangan Indonesia dan Eksistensinya di Dunia Internasional, Serta Hubungannya dengan Jepang 10 Tahun Kemudian.

Untuk waktu penyelenggaraan sendiri, penerimaan naskah pada 1 November – 31 Desember 2020, masa penjurian Januari 2021, pengumuman penyerahan hadiah Februari – Maret 2021. Sedangkan, target peserta siswa atau siswi SMA sederajat se-Sulsel dengan jumlah SMA 581 dan SMK 431 orang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai lomba tersebut bisa langsung ke kantor Konsuler Jepang di Makassar Gedung Wisma Kalla Lt. 7, Jl. Dr. Sam Ratulangi No. 8-10 Makassar 90125, di jam kerja atau bisa kirim melalui email [email protected]

. ANDI KHAERUL

loading...