Dana Awal Kampanye Pilkada: Paling Sedikit Rp 50 Ribu, Terbanyak Rp 2 M

ilustrasi: net

BERITA.NEWS, Jakarta – Pasangan calon (paslon) di Pilkada 2020 telah melaporkan dana kampanye awalnya. Dana kampanye ini merupakan biaya berupa uang maupun barang dan jasa yang digunakan paslon untuk membiayai kampanyenya.

Perihal dana kampanye ini diatur dalam PKPU No 12 Tahun 2020 tentang Perubahan atas PKPU No 5 Tahun 2017 tentang Dana Kampanye Perserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Dalam PKPU tersebut, paslon wajib memiliki rekening khusus yang menampung penerimaan dana kampanye. Laporan awal dana kampanye yang harus dilaporkan paslon wajib memuat informasi mengenai rekening khusus tersebut dan saldo awal dana kampanye.

Baca Juga :  Cegah Covid-19 saat Pilwalkot, Bawaslu Kota Semarang Bentuk Pokja

Dilansir dari Detikcom, dilihat di situs resmi KPU, Selasa (29/9/2020), tak semua paslon telah melaporkan dana kampanye awalnya. Laporan dan audit dana kampanye dilakukan mulai 25 September 2020 lalu.

Dari laporan yang dipublikasikan pada Senin (28/9), ada 2 paslon dengan dana kampanye awal paling sedikit yakni hanya Rp 50.000. 2 paslon tersebut yakni:

1. Calon Bupati dan Wakil Bupati Kepahiang, Syaripudin-Firdaus Djailani.
2. Calon Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan, Muhammad Endang-Wahyu Ade Pratama

Sementara, paslon yang memiliki dana kampanye awal terbanyak adalah calon Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya, Panji Mursyidan-Yosrisal. Paslon tersebut memiliki dana kampanye awal sebesar Rp 2 miliar.

Selain itu, sejumlah paslon juga memiliki dana kampanye awal sebesar Rp 1 miliar. Salah satunya merupakan calon petahana Bupati dan Wakil Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa.

Baca Juga :  Paslon Kacamatayya Ikuti Webinar KPK RI, Tomy Satria: Stop Politik Uang

Untuk putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka yang berpasangan dengan Teguh Prakosa memiliki dana kampanye awal sebesar Rp 25 juta. Berbeda dengan Gibran, dana kampanye sang lawan di Pilwalko Solo, Bagyo Wahyono-FX Suparjo untuk sementara ini masih Rp 0.

Beralih ke Pilkada Medan, menantu Jokowi, Bobby Nasution dan pasangannya Aulia Rachman memiliki dana kampanye awal sebesar Rp 50 juta. Sementara, paslon Akhyar Nasution-Salman Alfarisi memiliki dana Rp 1.125.000.

Laporan dana kampanye paslon Pilkada 2020 bisa diketahui dari situs https://infopemilu2.kpu.go.id/pilkada2020/Dana_kampanye/.

. DETIK

loading...