Jawab Pandangan Umum Fraksi, Bupati Luwu Janji Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Lebih Baik

Bupati Luwu H Basmin Mattayang.

BERITA.NEWS, Luwu – Bupati Luwu H Basmin Mattayang kembali menghadiri rapat paripurna di ruang rapat paripurna kantor Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Luwu dengan agenda jawaban Bupati Luwu terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Luwu atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan APBD Kabupaten Luwu Tahun Anggaran 2020, Minggu (27/9/2020).

Sebelumnya, dalam rapat paripurna DPRD kemarin, Sabtu (26/9/2020), semua fraksi memberikan pandangan umum. Mereka terdiri dari Fraksi Golkar, Fraksi PAN, Fraksi Nadem, Fraksi PPP, Fraksi Gerindra, Fraksi Persatuan Indonesia, Fraksi PDIP, Fraksi PKS, Fraksi Demokrat dan Fraksi Gabungan Selalu Bersama Rakyat.

Bupati Luwu memberikan penjelasan terhadap beberapa saran, masukan, dan pendapat terkait pengelolaan keuangan daerah, akselerasi peningkatan PAD pada tiap OPD pengelola PAD, penangangan covid-19, meningkatkan anggaran UMKM untuk pemulihan ekonomi, optimalisasi program religius di tengah pandemi covid-19. Selain itu, masukan fraksi agar pemerintah daerah melakukan kajian terhadap serapan anggaran terutama terhadap sistem dan metode yang digunakan dalam pengadaan barang dan jasa agar tidak mengalami keterlambatan dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Baca Juga :  Rencana Belajar Tatap Muka, Bupati Luwu Perintahkan Dewan Pendidikan Koordinasi Diknas

“Terima kasih atas semua saran dan masukan anggota DPRD Kabupaten Luwu. Selaku pimpinan pemerintah daerah, saya akan senantiasa melakukan kajian dan diskusi dengan melibatkan para pemangku kepentingan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang semakin baik,” katanya.

Menurutnya, pengelolaan keuangan daerah senantiasa dijalankan secara konsisten di atas kaidah dan regulasi yang ada. “Selama lima tahun terakhir keuangan daerah telah menunjukkan tren yang semakin membaik berdasarkan hasil audit BPK dimana lima kali berturut-turut memberikan opini WTP terhadap laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Luwu,” jelas Basmin Mattayang.

Usai memberikan jawaban atas pandangan umum Fraksi DPRD, Bupati Luwu menginstruksikan kepada seluruh kepala OPD agar proaktif mengikuti seluruh agenda dan tahapan pembahasan rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2020.

Baca Juga :  Buka Rakercab DPC IPIM, Bupati Luwu Ungkap Rencana Seleksi Imam Masjid

“Hadirkan staf yang berkompoten dan siapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan dalam proses pembahasan. Semoga waktu yang tersedia dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Pada rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali didampingi oleh Wakil Ketua I Andi Mappatundru dan Wakil Ketua II Zulkifli, anggota DPRD yang ikut hadir menerima jawaban Bupati Luwu terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD dan menyetujui untuk melanjutkan ke tahap pembahasan.

. MUH ASRI

loading...