Kampanye Pilkada Barru Dimulai, Ditandai Deklarasi Damai

Kapolres Barru AKBP Welly Abdillah melakukan penandatanganan deklarasi kampanye Pilkada damai Kabupaten Barru yang digelar di Aula STIA Al-Gazali Barru, Sabtu (26/9/2020).

BERITA.NEWS, Barru – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Baru menggelar deklarasi kampanye damai pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati dan wakil bupati Barru. Acara digelar di Aula STIA Al-Gazali Barru, Jalan Jend Sudirman, Barru, Sabtu (26/9/2020). Deklarasi ini menandai dimulainya tahapan kampanye Pilkada hingga 5 Desember mendatang.

Ketua KPUD Barru Syarifuddin H. Ukkas mengatakan bahwa tahapan kampanye dimulai hari ini dengan diawali deklarasi kampanye damai. Tujuannya agar terwujud Pilkada damai, sehat, santun dan berbudaya.

“Deklarasi saat ini kita perketat, masing-masing paslon hanya enam orang yang diperbolehkan masuk ke dalam ruangan. Kegiatan kampanye selanjutnya diharapkan bagiamana Paslon dapat mengedukasi massanya dan melaksanakan protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan kampanye,” kata Syarifuddin.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan kampanye ini nantinya ada debat publik. “Dan diharapkan tidak ada arak-arakan massa, dan jumlah yang hadir tetap dibatasi,” tuturnya.

Menurutnya, pemilihan bupati adalah untuk mencari pemimpin di Kabupaten Barru. Untuk Pilkada kali ini diikuti tiga paslon.

Baca Juga :  Ini Daftar Pelanggaran yang Dilakukan PNS saat Pilkada

“Ketiga calon ini ada satu yang terpilih nantinya. Kami dari KPU akan melaksanakan Pilkada ini dengan jujur, adil, tidak membeda-bedakan antara Paslon satu dengan Paslon lainnya. Kami juga siap menerima masukan dan saran,” ujar Syarifuddin.

Selanjutnya dilaksanakan penandantanganan deklarasi kampanye damai, yang isinya antara lain:

a. Melaksanakan kampanye Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Barru tahun 2020 yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, dan menghindari semua bentuk kekerasan, intimidasi dan provokasi untuk meraih kemenangan.

b. Berjanji untuk tidak melakukan black campaign, provokasi dan melaksanakan kampanye secara sehat dan berbudaya, serta menghindari semua bentuk Kekerasan.

c. Menerima dengan ikhlas kekalahan dan mengakui kemenangan yang sah dari pasangan lain dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barru Tahun 2020.

d. Siap menyampaikan isi deklarasi kepada seluruh pendukung saya untuk dipedomani dan dilaksanakan.

Baca Juga :  Andi Makkasau: Bontobahari Bagian dari Kemenangan Kacamatayya, Bukan Penambah Suara

Ikut dalam penandatanganan deklarasi kampanye damai Pilkada Barru ini, masing-masing KPU, Bawaslu, pasangan calon dan anggota Forkopimda Kabupaten Barru.

Untuk kampanye Pilkada Barru, dibadi dala tiga zona, masing-masing Zona 1 meliputi Kecamatan Barru dan Tanete Rilau. Zona 2 meliputi Kecamatan Balusu, Soppeng Riaja dan Mallusetasi. Kemudian Zona 3 meliputi Kecamatan Tanete Riaja dan Pujananting.

Hadir dalam kegiatan deklarasi pilkada damai ini, di antaranya Plt. Bupati Barru Ir. Nasruddin AM, Dandim 1405/Mlts Letkol Czi Arianto Wibowo, Kapolres Barru AKBP Welly Abdillah, Ketua Pengadilan Agama Barru Andi Muh Yusuf Bakri, Ketua KPUD Barru Syarifuddin H Ukkas, sekretaris dan anggota KPUD lainnya.

Hadir pula Ketua Bawaslu Barru Muh Nur Alim, ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Barru yaitu Suardi Saleh-Aska M, HM Malkan Amin-Andi Salahuddin Rum, dan Mudassir Hasri Gani-Aksa Kasim.

. MAULANA KARIM

loading...