Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Bersinergi dengan PKK Sulsel Edukasi Inovasi Olahan Produk Perikanan

BERITA.NEWS, Makassar – Di tengah pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel melalui UPT Balai Penerapan Mutu Produk Perikanan (BPMPP) melakukan kegiatan pelatihan inovasi teknologi olahan hasil laut di Makassar, Kamis (24/9/2020)

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat dan edukasi pemanfaatan hasil perikanan dibuka Kepala DKP Sulsel, Ir H Sulkas S Latief didampingi Ketua PKK Sulsel yang diwakili Wakil Ketua IV PKK Sulsel, Dr Ir Vien Sartika serta Kepala UPT BPMPP, Dr Siti Zaleha Soebarini MSi diikuti 50 peserta dari masyarakat umum, ibu PKK dan UKM yang bergerak di bidang perikanan di dua kecamatan, Ujung Tanah dan Biringkanaya.

Kepala DKP Sulsel, Ir H Sulkas S Latief saat memberikan sambutan memberikan motivasi kepada peserta untuk dapat memanfaatkan pelatihan inovasi sebagai penunjang memperbaiki perekonomian masyarakat di tengah pandemi.

“Kami harapkan dari pelatihan ini menghasilkan output bagi peserta mampu membuat olahan inovasi hasil perikanan. Khususnya pemanfaatan rumput laut yang diolah untuk produk yang memiliki nilai jual di tengah masyarakat,” ujarnya.

Senada, Kepala UPT BPMPP, Dr Siti Zaleha Soebarini MS mengatakan edukasi ini bertujuan menambah perekonomian masyarakat dengan mengolah hasil perikanan yang kurang memiliki nilai tambah menjadi produk bernilai lebih dan memiliki nilai jual. Peserta dibekali cara pembuatan produk perikanan kegiatan inovasi teknologi produk olahan hasil perikanan.

“Terutama cara pembuatan produk rumput laut dan ikan menjadi produk yang menghasilkan nilai tambah,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjut Siti Zaleha, UPT BPMPP berkolaborasi dengan PKK Sulsel serta UKM yang ada di Sulsel.

“Ada beberapa materi yang kami bekali ke peserta, di antaranya inovasi pembuatan produk non konsumsi seperti sabun rumput laut, produk mie rumput laut, otak-otak ikan dan teknik pembuatan siomay,” tandasnya.

Wakil Ketua IV PKK Sulsel, Dr Ir Vien Sartika mewakili Ketua PKK Sulsel Hj Liestiaty F Nurdin saat memberi sambutan menandaskan, kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku PKK dan UKM tentang inovasi teknologi hasil perikanan,” terangnya.

Ditambahkan, agar ibu PKK dan UKM setelah mengikuti pelatihan ini dapat mengetahui sumber daya kelautan dan perikanan di wilayahnya dan dapat membuat olahan produk kelautan dan perikanan sehingga menghasilkan nilai tambah yang bisa bersaing di pasaran.

Kepala Seksi Pengembangan Produk Perikanan UPT BPMPP, Adi Bastian, S St Pi menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan DKP Sulsel melalui UPT BPMPP Sulsel berkolaborasi dengan TP PKK Sulsel.

“Kegiatan tetap mengacu protokol kesehatan dengan mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker,” papar penanggung jawab kegiatan ini.

loading...