Pria Ini Tiba-tiba Loncat ke Laut di Paotere, Ditemukan Selamat setelah 11 Jam

ilustrasi: net

BERITA.NEWS, Makassar – Seorang pria yang bekerja sebagai kernet truk bernama Ilham (24) membuat geger warga karena tiba-tiba melompat ke laut dari Pelabuhan Paotere Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Beruntung, dia ditemukan selamat setelah 11 jam terombang-ambing di lautan.

Koordinator Lapangan Basarnas Makassar Arham DS mengatakan Ilham adalah warga Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Dia selaku kernet truk datang mengambil barang di Pelabuhan Paotere, Makassar, pada Rabu (16/9).

Kemudian sekitar pukul 21.15 Wita, Ilham, yang berdiri di tepi pelabuhan, tiba-tiba melompat ke laut. Sejumlah rekan Ilham yang tidak menduga aksi Ilham itu langsung melaporkan peristiwa tersebut ke warga sekitar.

“Tadi malam sekitar pukul 21.15 Wita dia lompat, kemudian tadi ditemukan pukul 08.30 Wita,” kata Arham, Kamis (17/9/2020), mengutip Detikcom.

Baca Juga :  BBKP Makassar Pastikan Biosecurity di Wilker Pelabuhan Paoutere, Antisipasi PMK Hewan

“Setelah lompat ke laut itu dia menghilang, tidak kelihatan, makanya dilakukan pencarian terhadap korban,” sambung Arham.

Proses evakuasi pria yang lompat ke laut Makassar. (dok. Istimewa)

Arham melanjutkan pihaknya langsung melakukan pencarian tapi tidak langsung menemukan korban. Butuh waktu 11 jam kemudian bagi timnya untuk menemukan korban.

Ilham bahkan ditemukan cukup jauh, yakni di perairan Pulau Lae-lae, jaraknya 15 menit dari lokasi Pelabuhan Paotere tempat Ilham melompat.

Akhirnya, Ilham ditemukan selamat. Dia bertahan di laut dengan cara mengapungkan diri pakai botol air mineral kosong ukuran 1.500 mililiter.

“Dia mengapung menggunakan botol, iya air mineral. Ada memang botol, ada 2 itu,” kata Arham.

Namun Arham mengaku tidak mengetahui apakah botol itu dipersiapkan sejak awal oleh Ilham atau tidak.

Baca Juga :  BBKP Makassar Pastikan Biosecurity di Wilker Pelabuhan Paoutere, Antisipasi PMK Hewan

“Kita tidak mendalami sejauh itu,” katanya.

Arham mengatakan motif korban melakukan aksinya diduga karena depresi. Dia menyebut, berdasarkan keterangan dari rekannya, korban juga sering berteriak.

“Menurut informasi dari temannya, korban ini frustrasi, kayak depresi begitu. Selalu biasa dia berteriak minta tolong, biasa juga tiba-tiba menangis. Nah tadi malam itu korban tiba-tiba loncat di dermaga,” katanya

Setelah dievakuasi dari lautan, Ilham dibawa ke Polsek Paotere, Makassar. Di sana dia telah ditunggu oleh sejumlah anggota keluarganya untuk dibawa pulang ke Kabupaten Enrekang.