DPC Partai Gerindra Gelar Pendidikan Politik Demokrasi Bermartabat

BERITA.NEWS, Jeneponto – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Jeneponto menggelar pendidikan Politik. Kegiatan tersebut berlangsung di kediaman anggota DPRD Jeneponto kader Gerindra H Udin, Senin (14/9/2020).

Dengan tema penguatan partai politik dan civil society membangun demokrasi bermartabat, kegiatan itu dihadiri Ketua DPC Gerindra Jeneponto Andi Baso Sugiarto, Anggota DPRD, perwakilan Bawaslu dan KPU Jeneponto, Kepala Kesbangpol Syarbini M dan jajaran, ranting Gerindra, tokoh masyarakat, dan pemuda Kecamatan Tamalatea.

Ketua DPC Gerindra Jeneponto, Andi Baso Sugiarto mengatakan pendidikan politik tersebut guna memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana untuk berdemokrasi yang baik dan bermartabat.

“Sesuai tema bahwa penguatan partai politik yang civil society itu membangun demokrasi yang bermartabat. Betul-betul kita membuka ruang pemikiran kepada masyarakat demokrasi yang bagaimana kita harus tahu,” ucapnya.

Dia juga menyampaikan jangan hanya masyarakat sekadar memilih, akan tetapi masyarakat harus tahu juga haknya.

“Jangan tahunya masyarakat hanya sampai ke bilik. Tetapi bagaimana masyarakat tahu inilah demokrasi yang sebenarnya, bahwa partai itu hadir untuk kepentingan masyarakat bukan kepentingan golongan,” ujarnya.

Dia menambahkan, Partai Gerindra mendapatkan anggaran APBD dana hibah. Agendanya itu 60 persen terbagi 4 kegiatan. Yakni pendidikan politik, saran sehat, loka karya, dan penguatan struktur sampai ke tingkat anak ranting. Dan 40 persen itu untuk sekretariatan.

Baca Juga :  Survei: Elektabilitas Ganjar Teratas, Geser Prabowo

Menurutnya, penguatan struktur sebelumnya sudah dilakukan di Kecamatan Bangkala Barat. Mulai dari PAC sampai anak ranting Kecamatan Bangkala.

“Alhamdulillah ini hari saya anggap PAC Kecamatan Tamalatea dan Bontoramba sudah mulai ada nama-nama kita masukkan dalam struktur kepengurusan di tingkat ranting. Insya Allah inilah wadah ini kita tempatkan dulu pendidikan politik,” katanya.

Dia menyebutkan strategi partai semakin hari harus semakin kuat, struktur semakin bagus untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang edukasi bagaimna memilih pemimpin, memilih legislatif maupun eksekutif sehingga menciptakan pemerintahan yang akan lebih mapan kedepan untuk Jeneponto.

“Harapannya kami selaku ketua partai berharap agar kader dan pengurus, ranting dan masyarakat yang ada di tempat ini bagian dari motivasi dan bagaimana Gerindra kedepannya semakin tertanam dalam pikiran dalam hati sehingga tidak terlupakan. Partai Gerindra biar dimanapun kapanpun apapun yang mereka bicarakan kita akan selalu suarakan ditempat umum atau di tempat-tempat keluarga,” ucapnya.

Dia menegaskan, Partai Gerindra kedepan akan memaksimalkan dari 7 menjadi 9 kursi dengan kerja-kerja pengurus partai.

“Alhamdulillah ada sekertaris, DPC ada bendarahara, dibantu kader Gerindra Masa Depan (GMD) itu adalah bagian dari pada motor dari penggerak utama dan dibantu ujung tombak kita anak ranting. Anak ranting paling utama karena adalah pondasi untuk membesarkan partai,” katanya.

Baca Juga :  Amien Rais Umumkan Parpol Baru, Namanya Partai Ummat

“Bukan ini hari saja melakukan pendekatan tetapi kedepan dan seterusnya rutinitas sampai apapun perhelatan yang kita hadapi sudah siap untuk menghadapi itu semua baik perhelatan Pilkada maupun Pileg, dan paling utama Pilpres,” tambahnya.

Sementara Kepala Kesbangpol Jeneponto, Syarbini M mengapresiasi kegiatan pendidikan politik partai Gerindra. Kehadirannya untuk menyaksikan langsung bahwa betul-betul dilakukan pendidikan politik ini.

“Saya sangat mengapresiasi karena sesuai dengan harapan kita bahwa ini betul – betul terlaksana. Saya harap juga partai lain juga melakukan seperti ini,” katanya.

Menurutnya, anggaran yang diberikan bersumber APBD dengan besaran Rp 163 juta dengan 60 persen untuk akuntabilitas dan 40 persen untuk biaya administrasi sekretariat.

“Jadi memang ini yang 60 persen kita dorong untuk akuntabilitasnya,” ujarnya.

“Saya saksikan baru ini entahlah yang lalu-lalu. Baru ini yang dilakukan dan pertama partai Gerindra lah yang mempelopori itu untuk melakukan pendidikan politik dengan bantuan keuangan partai ini,” tutupnya.

. MUH ILHAM

loading...