Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Kalahkan Jalan Utama Ibu Kota Jakarta

Gubernur Sulsel dan HM Aksa Mahmud saat pematokan lahan di Metro Tanjung Bunga. (IST)

BERITA.NEWS, Makassar- Rencana pelebaran jalan Metro Tanjung Bunga kini terus berjalan. Saat ini beberapa perusahaan pemilik lahan diarea tersebut sudah legowo mengibahkan kepada pemerintah kota Makassar.

Hal itu dibuktikan dengan dilakukannya pematokan lahan sekaligus penyerahan serifikat dari beberapa perusahaan Lippo Group oleh James Tjahaja Riady, CT Group oleh Prof. Chairul Tanjung, PT Kalla Group oleh Hj Fatimah Kalla dan PT Bosowa oleh HM Aksa Mahmud.

Diketahui, proyek jalan tersebut akan dikerjakan sepanjang 6 kilometer dengan lebar 50 meter. Dipercaya lebih lebar dari Jalan Thamrin Jakarta. Nantinya akan dihadirkan pedestarian yang nyaman bagi masyarakat.

Baca Juga :  Pangdam Jaya Sebut 900 Spanduk Rizieq Shihab Ditertibkan

“Ini menjadi landmark baru Kota Makassar, mungkin ini menjadi satu-satunya jalan terlebar dengan fasilitas yang lengkap. Ada jalur lambat, jalur cepat dan ada pedesterian, ada lagi amfiteater,” kata Gubernur Nurdin Abdullah. Minggu (13/9/2020).

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin menyebutkan jalan ini akan lebih lebar dari Jalan Jendral Sudirman di Jakarta yang merupakan jalan utama di ibu kota negara.

“Pelebaran Jalan Metro ini insyaallah akan memiliki lebar 50 meter. Mungkin ini adalah jalan terlebar, bahkan di Indonesia. Karena Jalan Jendral Sudirman yang terlebar di Jakarta itu lebarnya cuma 40an meter,” jelasnya.

Baca Juga :  Ratusan Karangan Bunga untuk Pangdam Hiasi Makodam Jaya

Ia mengaku, kontraktor pelaksana akan segera ditetapkan dengan pagu anggaran tahap satu sebesar Rp127 miliar. Desember tahun ini akan dimulai untuk panjang jalan 1.350 meter. Akan jadi ikon penataan suatu kawasan di Indonesia.

“Itu yang kita harapkan. Oleh karena itu mari kita semua mendukung. Mari kita berdoa demi kesuksesan pekerjaan ini,” harapnya.

 

  • Andi Khaerul