Wagub Sulsel: Calon Kepala Daerah Harus Jadi Contoh Penerapan Protokol Kesehatan

Wagub Sulsel Rapat Khusus Bahas Protokol Kesehatan Selama Pilkada.

BERITA.NEWS, Makassar – Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengikuti Rapat Koordinasi Khusus secara virtual membahas penguatan protokol kesehatan saat Pilkada serentak tahun ini di Baruga Lounge, Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (9/9/2020).

Andi Sudirman Sulaiman menegaskan selama pelaksanaan proses Pilkada di 12 kabupaten dan kota di Sulsel harus tetap memberlakukan protokoler kesehatan secara ketat.

“Para paslon Bupati/Wakil Bupati maupun Walikota/Wakil Walikota kami berharap memberi contoh dan empati atas kondisi Covid-19 termasuk kepada tim yang tengah berjuang dalam penanganan korban Covid-19,” pintanya.

Baca Juga :  Idham Kadir Ubah Tampilan Kantor Gubernur Layaknya Hotel Berbintang

Olehnya itu, setiap tahapan Pilkada, dirinya mengingatkan, para pasangan calon (paslon) Kepala Daerah selalu menjadi contoh penerapan protokoler kesehatan juga kepada para pendukung masing-masing.

“KPU telah mengeluarkan PKPU Nomor 10 tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam corona virus desease (Covid-19). Inilah yang menjadi dasar dalam tahapan Pilkada dengan tetap mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan pilkada dapat dilanjutkan dengan syarat patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan di tiap tahapan pilkada serentak.

Baca Juga :  PBNU Minta Pilkada 2020 Ditunda demi Kesehatan Rakyat

“Banyak permasalahan yang dilakukan bapaslon, diketahui sesuai data, 141 pelanggaran pada pendaftaran dan 102 pelanggaran jelang penutupan, dan KPU RI mencatat 46 Bapaslon yang positif Covid-19,” ungkapnya.

. ANDI KHAERUL

loading...