P2KMB Unhas, Wagub Sulsel Beri Motivasi Bagi Mahasiswa Baru 2020

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

BERITA.NEWS, Makassar – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri acara menerimaan mahasiswa baru tahun 2020 Universitas Hasanuddin, Senin (7/9/2020). Acara penerimaan mahasiswa ini dikemas dalam bentuk Pembinaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB).

P2KMB ini berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 7 sampai 10 September 2020 yang dilakukan secara virtual melalui Zoom.

Dalam kesempatan itu, Wagub Sulsel, Andi Sudirman hadir sebagai narasumber sekaligus memberikan motivasi kepada mahasiswa baru. Wagub membawakan materi bertema “Pembinaan Gerakan Nasional Revolusi Mental: Indonesia Melayani, Bersih, Tertib, Mandiri dan Bersatu”.

“Selamat kepada mahasiswa baru Universitas Hasanuddin,” ujarnya.

Menurutnya, mahasiswa ini menjadi orang-orang terpilih dari sekian banyak yang mendaftar untuk menuntut ilmu di kampus merah itu.

“Kalian menjadi pengemban amanah, harus bertanggung jawab dan membuktikan bahwa kalian semua adalah yang terbaik untuk menjadi mahasiswa di Universitas Hasanuddin. Teruslah bertanggung jawab, belajar, menuntut ilmu dan yakinkan bahwa diri anda adalah orang-orang terbaik,” jelasnya.

Baca Juga :  Temui Gubernur, PT Pertamina Siap Bantu Beasiswa Warga Pulau

Andi Sudirman mengatakan, dibutuhkan seorang generasi berikut yang menjadi pemimpin-pemimpin hebat dengan memiliki moral kepemimpinan.

“Saat ini kita tidak kekurangan orang-orang cerdas, kita tidak kekurangan orang-orang pintar, kita tidak kekurangan orang-orang hebat, kita tidak kekurangan orang-orang yang memiliki potensi untuk memimpin. Tapi kita membutuhkan bagaiman moral kepemimpinan dengan karakter, akhlak dan mental dipadu,” tuturnya.

Baginya, menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Terlebih saat diperhadapkan tiga persoalan mulai dari harta, tahta dan wanita. Ini akan melatih nilai integritas, nilai isi, dan sosial kontrol yang dimiliki mahasiswa agar tetap tumbuh dalam hati.

“Ketika keluar menjadi pejabat, maka tidak ada perubahan dan tetap teguh terhadap integritas, moral kepemimpinan dan tidak terpengaruh banyaknya harta dan jabatan.
Semua perilaku bisa profesional dan tetap diandalkan,” imbuhnya.

Alumni Teknik Mesin Unhas ini menyebutkan, dibutuhkan fungsi-fungsi mahasiswa. Diantaranya, sebagai sosial kontrol, sebagai agen perubahan dan menjadi penerus bangsa.

Baca Juga :  Sewa Gedung Kartini PKK untuk Pesta Pernikahan Bisa Nego Kalau Kurang Duit

Mahasiswa, kata dia, diharapkan bisa menjadi generasi yang bisa menciptakan inovasi yang memudahkan orang banyak.

“Dengan membuat penelitian yang membangun nilai komersil, membantu orang banyak dan bermanfaat. Kita dorong mahasiswa untuk saling bahu-membahu, bergotong royong. Kami Pemerintah mensupport, saling bekerja sama dan kolaborasi untuk menciptakan ruang inovasi, inovatif, kreatif yang bisa bermanfaat untuk sesuatu hal bagi masyarakat,” pintanya.

Dirinya berharap, mahasiswa baru ini bisa menginspirasi banyak orang untuk menjadi yang terdepan yang bisa melanjutkan pembangunan di Sulawesi Selatan.

“Kami doakan, untuk meyakinkan Universitas Hasanuddin adalah yang terbaik. Menjadi salah satu universitas yang terbaik di Indonesia,” tutupnya.

loading...