Pilkada Bulukumba: Andi Utta-Edy Manaf Mendaftar ke KPU, Didukung 4 Parpol

BERITA.NEWS, Bulukumba – Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Andi Utta-Edy Manaf) selesai melakukan pendaftaran di KPU, Sabtu, 5 September 2020 sekitar pukul 14.00 Wita.

Saat proses mendaftar, pasangan yang bertagline Harapan Baru (HB) diantar ribuan pendukungnya. Termasuk ikut mendampingi ke KPU Bulukumba adalah pengurus partai pendukung yakni Gerindra, PAN, PKS dan Berkarya.

Jelang pendaftaran di KPU, mendadak Berkarya menjadi partai pelengkap yang juga dibuktikan dengan format B1KWK.

“Kenapa kita banyak, karena kita pikirkan adalah jangka panjangnya ke depan. Kalau dukungan kita yang terpilih, maka program akan mudah sebab didukung anggota dewan,” ungkap ketua Tim Harapan Baru, Patudangi Azis di KPU Bulukumba, Sabtu (5/9/2020).

Partai Demokrat yang awalnya diklaim pasangan Andi Utta dan Andi Edy Manaf justru tidak ikut mendaftar di KPU.

“Iya, saya kurang tahu juga kenapa terjadi perubahan. Karena awalnya kita ikutkan mendaftar di KPU. Tapi, mungkin karena orangnya tidak hadir,” ungkapnya.

Menurut dia, pasangan Andi Utta dan Edy Manaf sebelumnya tidak pernah menawarkan diri ke Partai Demokrat untuk didukung. Justru, kata dia, Demokrat yang menawarkan diri agar supaya bergabung dengan Harapan Baru.

“Dia (Andi Edy) ke Jakarta atas panggilan DPD dan DPP Demokrat. Meminta calon kita mengurus kelengkapan berkas. Tapi, belakangan tiba-tiba berubah,” jelas wakil ketua DPRD Bulukumba ini.

Patudangi mengaku, pihaknya tidak mengetahui secara pasti apa masalahnya, kemudian terjadi ada perubahan di Demokrat. Idealnya, kata dia, jika ada perubahan maka harus bersurat atau menelpon.

“Kami juga bingung dengan teman-teman di partai Demokrat. Karena tidak ada komunikasi ke kita tentang perubahan ini. Padahal, cukup telpon supaya ada kejelasan,” ungkapnya.

. IL