Lahan Kebun Milik Sejumlah Warga Jeneponto Terbakar, Segini Luas dan Kerugiannya

Petugas dari Kepolisian membantu pemadaman di lokasi lahan warga yang terbakar. (BERITA.NEWS/Muh Ilham)

BERITA.NEWS, Jeneponto – Sekitar 10 hektare area kebun warga Dusun Tangkulu, Desa Tanammawang, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulsel terbakar, Sabtu (5/9/2020).

Peristiwa itu sontak membuat warga panik lantaran lokasinya tak jauh dari pemukiman penduduk.

Informasi yang diperoleh bahwa tiba-tiba api muncul di atas bukit. Api begitu cepat merambah karena angin kencang dan rumput yang kering.

Tiga unit mobil Damkar Jeneponto berusaha memadamkan api di beberapa titik, dibantu warga setempat dan anggota polisi yang ada di lokasi.

Baca Juga :  Peringati HKG Ke-50 PKK, Basmin: TP PKK Memiliki Power yang Luar Biasa

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian korban ditaksir mencapai Rp 2 juta karena telah membakar sebagian tanaman cabai milik korban.

Belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran.

Kasat Binmas Polres Jeneponto AKP Syahrul, SH mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada kebakaran.

“Saat ini cuaca yang panas dan angin kencang. Jangan membakar atau membersihkan lahan tidur apabila tidak diawasi, tidak membuang puntung rokok di sembarang tempat yang dapat mengakibatkan timbulnya api hingga kebakaran,” harapnya.

Baca Juga :  BKPSDM Luwu Kembali Buat Terobosan Baru SINONA

Kebakaran itu sempat menghabiskan tanaman milik sejumlah warga, di antaranya milik Tompo (40), Bahar (53), Yodding (42), dan Mustari (30), semuanya petani asal Dusun Tangkulu.

. MUH ILHAM