Dishub Sulsel Tutup U-Trun, Lalulintas Jalan Urip Sumoharjo Makassar Macet Parah

Situasi lalulintas di Jalan Urip Sumoharjo depan Bosowa Berlian Motor/ Kampus II UMI. (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Lalulintas di Jalan Urip Sumoharjo Makassar mengalami kemacetan panjang akibat adanya penutupan salah satu U-Trun atau bukaan untuk putar-balik depan Kampus UMI dan Bosowo Berlian Motor ditutup Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel.

Dari pantauan BERITA.NEWS, kemacetan di Jalan Urip Sumoharjo depan Bosowa Berlian Motor dan Kampus II UMI cukup parah. Akibat banyaknya mobil yang mengantre untuk memutar di U-Trun depan AAS Building. Diperparah saat masuk jam pulang kerja.

Kepala Dishub Sulsel Muhammad Arafah mengatakan ada empat titik U-Trun yang ditutup. Yakni, depan Aspol Tello, depan Bulog Panaikang, depan Bosowo Berlian Motor dan depan PO Liman.

Baca Juga :  Tersandung Kasus Narkoba, Belasan Remaja Diamankan Polres Gowa

“Ada 4 titik. Laporan itu di depan Aspol, depan Bulog, depan Bosowa dan depan PO Liman,” katanya, Kamis (3/9/2020).

Arfa mengatakan penutupan U-Trun tersebut atas kesepakatan bersama pada rapat forum lalulintas. Rencana itu, kata dia sudah lama dipersiapkan, hanya saja baru diberlakukan.

“Penutupan ini diawali dari kesepakatan forum lalulintas. Kita rapat berkali-kali dan diputuskan bahwa dengan menutup empat itu, karena mobilitas di U-Trun itu tinggi, kedua kan berdekatan,” ujarnya.

Baca Juga :  Mahasiswa UMI Gelar Aksi Damai, Tuntut Pelaku Kekerasan Terhadap Dosen Perempuan Dicopot

Menurutnya, ada aturan yang sudah ditetapkan untuk bukaan U-Trun di jalan nasional. Minimal, harus 600 meter. Arfa mengaku masih ada lagi bukaan yang akan ditutup.

“Rapat forum berkali-kali mengamanatkan seperti itu. Yang tadinya sebenarnya lebih dari itu, kan untuk sementara itu. Intinya di kemacetan. Rencananya sampai jalur nasional itu diupayakan dilakukan penutupan tempat yang banyak bukaan,” pungkasnya.

. ANDI KHAERUL