KPU Poso Tetapkan Samsuri-Toni Penuhi Syarat Pasangan Perseorangan, Bakal Lawan Petahana

Bakal pasangan calon bupati Poso Samsuri (kiri) menerima berkas dari Ketua KPU Kabupaten Poso Budimam Maliki (kanan) di Poso, Kamis (20/8/2020). (ANTARA/Feri Timparosa)

BERITA.NEWS, Poso – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menetapkan pasangan Samsuri-Toni Sowolino memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Poso pada Pilkada 2020 melalui jalur perseorangan.

Ketua KPU Kabupaten Poso Budiman Maliki usai rapat pleno rekapitulasi dukungan bakal pasangan calon perseorangan di Poso, Kamis (20/8/2020), mengatakan duet Samsuri-Toni Sowolino sebagai satu-satunya bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Poso pada Pilkada 2020 dari jalur perseorangan yang memenuhi syarat pemenuhan dukungan minimal sesuai ketetapan KPU Poso sebanyak 14.724 dukungan.

Baca Juga :  Survei INdex Indonesia: Tomy-Makkasau Masih Teratas

Maliki mengatakan pada rapat pleno rekapitulasi tingkat Kabupaten Poso bahwa dalam masa perbaikan sampai pada Kamis (20/8) hasil akhirnya disahkan secara resmi oleh KPU setempat dengan jumlah dukungan bakal pasangan calon tersebut berjumlah 16.411 dukungan.

“Dengan jumlah tersebut, pasangan Samsuri-Toni Sowolino dapat melakukan pendaftaran pada tahapan pencalonan pasangan calon pada 4-6 September 2020,” ujarnya.

Samsuri saat ini menjabat wakil bupati Poso berpasangan dengan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu periode 2015-2020. Sebelumnya Samsuri juga menjabat wakil bupati berpasangan dengan Bupati Poso Piet Inkiriwang periode 2010-2015.

Baca Juga :  Kampanye Pilkada Barru Dimulai, Ditandai Deklarasi Damai

Sementara itu, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu juga akan bertarung sebagai petahana pada pilkada yang akan digelar pada 9 Desember 2020.

. ANTARA

loading...