Arham Basmin: Kemerdekaan Itu Bebas Berpikir

BERITA.NEWS, Luwu – Himpunan Pelajar Mahasiswa Rante Belu Kecamatan Larompong melaksanakan Bazaar Dialog. Temanya “Menanamkan Nilai Kemerdekaan Bagi Generasi Millienial”.

Dialog digelar di Buntu Matabing. Tampil sebagai pembicara yakni Ketua DPD KNPI Sulawesi Selatan H Muh Arham Basmin, Kepala Desa Rante Belu Musriadi Mus, dan Pendiri Magguru Institue Awaludin Azis.

Dalam acara yang didominasi kelompok pemuda ini, Awaludin Azis mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi digelarnya diskusi tersebut.

“Diskusi ini membuat kita berpikir untuk membicarakan nilai-nilai kemerdekaan di momentum 75 tahun Indonesia merdeka. Tentu kita punya pandangan yang sama tentang nilai cita-cita yang kuat dalam pandangan kemerdekaan, bahwa cita-cita ini lahir semenjak kita kanak-kanak, inilah sebuah esensi kemerdekaan yang kita rasakan hari ini,” katanya.

Baca Juga :  Ketua KNPI Sulsel Arham Basmin Prihatin Atas Gempa di Majene

Sementara Ketua DPD KNPI Sulawesi Selatan Arham Basmin mengatakan bahwa sesungguhnya subtansi kemerdekaan lebih spesifik bagaimana kita merdeka berpikir, merdeka dengan menjaga tata krama, merdeka mempersiapkan diri untuk mengambil peran untuk berkontribusi positif terhadap pembangunan bangsa dan negara.

“Dengan pertemuan rutinitas ini akan melahirkan gagasan yang baru ke depan, untuk tampil dengan paradigma berpikir yang kritis tapi tentu punya solutif,” katanya.

Baca Juga :  Basmin Mattayang dan Seluruh Eselon II Pemkab Luwu Swab Antigen, Ini Hasilnya

Sedangkan Kepala Desa Rante Belu lebih banyak mengupas tentang bagaimana kemerdekaan itu harus diterjemahkan dalam persepektif lebih banyak belajar dan membaca. Tidak kemudian menjadi hedonis.

. MUH. ASRI