Pengurus APDESI Luwu Resmi Dilantik, Bupati: Gunakan Dana Desa untuk Kepentingan Desa

Ketua APDESI Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sri Rahayu Usmi, melantik pengurus APDESI Kabupaten Luwu di aula rumah jabatan Bupati Luwu, Senin (10/8/2020). (BERITA.NEWS/Muh Asri)

BERITA.NEWS, Luwu – Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Luwu Andi Muhammad Arfan Basmin dan 88 orang pengurus masa bakti 2020-2025 resmi dilantik langsung oleh Ketua APDESI Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sri Rahayu Usmi.

Pelantikan dilaksanakan di aula rumah jabatan Bupati Luwu, Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Luwu, Senin (10/8/2020).

Ketua APDESI Sulsel Andi Sri Rahayu Usmi mengatakan, keberhasilan pembangunan Luwu berada di pundak APDESI Luwu. Dia juga meminta agar semua kegiatan yang terkait dikoordinasikan dengan Pemkab Luwu.

Sementara Bupati Luwu Basmin Mattayang dalam sambutannya mengatakan, kepala desa adalah pimpinan tertinggi dalam wilayah pemerintahan desa setempat. Kepala desa adalah orang tua masyarakat, sahabat masyarakat, dan juga teman masyarakat.

“Jadi kepala desa itu dapat menjadi tiga hal di masyarakat, yakni sebagai orang tua masyarakat, sahabat masyarakat dan teman masyarakat,” ucap Basmin Mattayang.

Menurut Basmin, menjadi pemimpin harus memiliki tiga hal, yakni pertama memiliki tingkat kecerdasan tinggi, kedua memiliki stabilitas emosi, dan ketiga kepekaan sosial.

Basmin juga menyinggung soal dana desa. “Dana desa untuk seluruh Indonesia akan turun dan termasuk Kabupaten Luwu, gunakan Dana Desa sebaik-baiknya. Dana Desa untuk kepentingan desa bukan kepentingan perorangan,” ujar Basmin.

Baca Juga :  Peringati HKG Ke-50 PKK, Basmin: TP PKK Memiliki Power yang Luar Biasa

Sementara Ketua APDESI Luwu Muhammad Arfan Basmin dalam sambutannya menjelaskan bahwa sebelumnya pelantikan APDESI diagendakan akhir Maret 2020. Namun karena pandemi Covid-19, maka pelantikan tertunda dan diundur hingga baru terlaksana hari ini, Senin (10/8/2020).

Arfan Basmin meyampaikan kepada jajarannya agar sungguh-sungguh dalam mengawal program Pemerintah Luwu Timur terutama dalam menata kota membangun desa.

“Momen pelantikan ini kita jadikan sebagai wahana untuk bersatu dalam mengawal program nawacita pemerintah, dan kita sukseskan program Pemerintah Kabupaten Luwu,” kata Arfan.

Arfan berharap, agar APDESI dapat membantu pemerintahan dengan baik sehingga tercipta kondisi damai dalam pemerintahan. “Tugas APDESI adalah mengawal program daerah. Dalam kepengurusan kita saling menguatkan, saling bertukar pandangan, dan saling mendukung satu sama lain,” jelasnya.

Turut hadir Ketua APDESI Sulawesi Selatan Andi Sri Rahayu Usmi, Kapolres Luwu AKBP Fajar Dani Susanto, Kajari Luwu Erni Veronica Maramba, pimpinan DPRD Luwu, Forkopimda Luwu, Ketua DPD I KNPI Sulawesi Selatan HA Muh Arham Basmin, pimpinan OPD Kabupaten Luwu, Kepala Kantor Bank BPD Sulsel Cabang Luwu, pengurus APDESI Luwu, serta tamu undangan.

Baca Juga :  BKPSDM Luwu Kembali Buat Terobosan Baru SINONA

Sebelum pelantikan APDESI Luwu melakukan orientasi. Kapolres Luwu AKBP Fajar Dani Susanto membawakan materi terkait pemahaman dan mekanisme penyebarluasan informasi program-program pemerintah desa.

Sedangkan Kajari Luwu Erni Veronika Maramba membawakan materi pencegahan tipikor dalam pengelolaan Dana Desa.

Kepala Cabang Bank Sulselbar Luwu Imran Toriwawo Rahim menjelaskan terkait skema kerelasian dalam rangka memaksimalkan kemudahan pelayanan pada Bank BPD Sulsel.

Dalam orientasi ini juga menampilkan sejumlah pemateri lain, seperti dari Kadis Ketahanan Pangan Tandiraja, Kadis Pertanian Albaruddin, Ketua DPD KNPI Sulsel HA Muh Arham Basmin, dan Ketua Pendiri Yayasan Al-Gazali Luwu Irwan Bakri.

. MUH. ASRI