Bupati Luwu Ikuti Rakor dengan Mendagri secara Virtual, Bahas Penanggulangan Covid-19

BERITA.NEWS, Luwu – Bupati Luwu H Basmin Mattayang mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) sosialisasi perubahan perilaku baru pada masa pandemi Covid-19 di ruang kerja Bupati Luwu, Senin (10/8/2020). Rapat digelar secara virtual, membahas penanggulangan covid-19.

Rakor dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang diikuti oleh seluruh gubernur, bupati/walikota se-Indonesia. Hadir pula Kepala BNPB Doni Monardo dan Ketua Umum TP PKK Ny Tri Tito Karnavian.

Dalam penjelasan, Mendagri memaparkan rincian penggunaan dana desa tahun 2020, termasuk penggunaan dana desa dalam menanggulangi dampak perekonomian masyarakat dengan adanya wabah pandemi Covid-19.

Selain pencapaian target realisasi APBD tahun 2020, Mendagri juga mengingatkan agar pemerintah daerah mengedepankan langkah-langkah persuasif dan dilakukan secara masif untuk mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan diantaranya jaga jarak, penggunaan masker, dan cuci tangan.

Baca Juga :  Ajudan Beberkan Rahasia Bupati Bangun Nuansa Religius di Luwu

“Sosialisasi harus terus dilakukan untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19 dan diharapkan tingkat pemerintah desa sebagai penggerak utama melakukan langkah persuasif kepada masyarakat untuk menjalankan adaptasi kebiasaan baru terutama penerapan protokol kesehatan. Terkait anggaran penanganan Covid-19 di tingkat desa, kami sudah membicarakannya dengan Menteri Keuangan,” kata Tito Karnavian.

Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan bahwa keselamatan rakyat adalah hukum yang paling tertinggi, sehingga harus tetap konsisten untuk mengikuti protokoler kesehatan.

“Jika kita mencermati, data yang masuk bahwa sekitar 5000 lebih orang yang telah wafat dan 120 ribu orang telah terpapar dengan Covid-19 di Indonesia. Olehnya itu kepada para gubernur, bupati, walikota agar memilih orang-orang yang tepat agar tetap turun ke lapangan melakukan sosialisasi,” kata Doni Monardo.

Baca Juga :  Pascapanen, Masyarakat Suli Gelar Tudang Sipulung

Pada kesempatan itu, Ketua Umum TP PKK Ny Tri Tito Karnavian mengungkapkan 4,5 juta kader PPK di seluruh Indonesia secara militan telah menjadi motor penggerak dalam melaksanakan sosialisasi.

“Kami telah mengimbau kepada seluruh teman-teman penggerak PKK di Provinsi, Kabupaten/Kota agar besok kita akan laksanakan gebrakan masker se-Indonesia,” kata Tri Tito Karnavian.

. MUH. ASRI