Diberikan Akhir Agustus, Usaha Mikro di Trenggalek Akan Diguyur Dana Stimulus Miliaran Rupiah

Ketua Komisi II DPRD Trenggalek Pranoto

BERITA.NEWS, Trenggalek – Pengusaha mikro di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, akhirnya bisa bernafas lega. Pemkab Trenggalek berencana merealisasikan dana stimulus pada pekan terakhir bulan Agustus ini.

Bantuan dana tersebut untuk modal kalangan mikro terpuruk selama terkena imbas corona.

Masing-masing akan mendapatkan Rp400 ribu, yang diambilkan dari anggaran BBT (Belanja Tak Terduga) penanganan Covid-19 dari Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek.

Putusan tersebut berdasarkan hasil kesepakatan antara Komisi II DPRD Trenggalek dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan dengan Badan Keuangan Daerah, setelah menggelar rapat di aula gedung DPRD Kabupaten Trenggalek.

Ketua Komisi II DPRD Bidang Perekonomian Pranoto usai rapat mengatakan, bantuan stimulus nanti akan segera direalisasikan pada penerima manfaat sekitar tanggal 25 Agustus hingga 30 Agustus.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Ngantor di Depok Mulai Pekan Depan

“Dana sebesar itu diambilkan dari dana BTT yang ada di Dinas Komidag sebesar Rp6 miliar, yang akan diperuntukkan ke pengusaha mikro terimbas Covid-19. Masing-masing mendapatkan Rp400 ribu,” katanya, Sabtu (8/8/2020).

Pranoto mengatakan, sesuai laporan dari Kepala Dinas Komindag Trenggalek di ruang rapat di sebutkan bahwa usaha mikro yang telah terdaftar pada Dinas Komindag untuk mendapatkan bantuan stimulus dari Pemerintah Trenggalek total mencapai 13.886 orang.

Sedangkan pendaftaran untuk penerima bantuan stimulus ini akan ditutup hingga tanggal 15 Agustus 2020.

Menurutnya, untuk memprediksi jumlah keseluruhan yang akan menerima bantuan, bila dilihat untuk hari ini saja jumlah penerima bantuan stimulus angkanya sudah mencapai 13 ribu lebih. Karena itu, ia berkeyakinan di akhir penutupan pendaftaran jumlah penerima bantuan stimulus diasumsikan bisa bertambah menjadi 17 ribu lebih. Alasannya masih banyak UM (Usaha Mikro) yang belum diusulkan oleh desa masing-masing.

Baca Juga :  Bupati Jeneponto Sembuh dari Covid-19, Besok Kembali Beraktivitas

Karena diasumsikan terjadi penambahan jumlah penerima bantuan stimulus sebesar 17 ribu orang, kata Pranoto, maka langkah yang akan ditempuh oleh Pemkab Trenggalek adalah memberikan suntikan tambahan anggaran sebesar Rp2 miliar.

“Sehingga ketika asumsinya seperti itu maka ada solusi. Yang pertama agar merata harus menambah pagu dari Rp6 miliar menjadi Rp8 miliar,” ungkapnya.

. GUNAWAN

loading...