Bandara Buntu Kunik Toraja Siap Layani Penerbangan Pesawat Jenis ATR-72

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (Andi Khaerul/BERITA.NEWS)

BERITA.NEWS, Makassar– Pengerjaan Bandar Udara (Bandara) Buntu Kunik di Tana Toraja terus digenjot. Saat ini sudah rampungkan 1,400 meter landasan pacu dan sudah bisa layani penerbangan, Rabu (5/8/2020).

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) mengatakan Agustus tahun ini, bandara Buntu Kunik tersebut sudah bisa layani penerbangan, khusus pesawat ATR -72. Mengangkut wisatawan.

NA mengatakan pihaknya sudah bertemu dan menyampaikan kepada Chief Executive Garuda Indonesia Regional IV Kalimantan, Sulawesi dan Papua Aryo Wijoseno soal kesiapan Bandara tersebut.

Baca Juga :  Tol Pertama di Sulut Gratis 2 Minggu, Dilarang Selfie

“Bandara Toraja, kita sudah bicarakan bersama Pak Aryo pimpinan Garuda Makassar, jadi bandara Toraja ini sudah rampung, Insya Allah Agustus ATR 72 sudah bisa,” ucapnya di Rujab Gubernur.

Lebih lanjut, dikatakan, pihaknya sudah meminta kepada pemerintah pusat untuk memaksimalkan landasan pacu bandara Buntu Kunik sepanjang 2.600 meter. Saat ini selesai 1.400 meter dan sudah bisa dilalui pesawat jenis ATR 72.

Baca Juga :  Parpol Pengusung Anir-Lutfi Kawal Usulan Kelompok Tani Minasatene Pangkep

Diketahui, pesawat jenis ATR-72 bisa mengangkut penumpang regional jarak pendek bermesin twin-turboprop. Pesawat ini memiliki kapasitas hingga 78 orang dan dioperasikan oleh dua kru penerbang.

Andi Khaerul

 

loading...