Gubernur Sulsel Minta Tuntaskan Data Pemilih Jelang Pilkada, Lutra Jadi Prioritas

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

BERITA.NEWS, Makassar – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) menginstruksikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mempersiapkan data-data untuk persiapan Pilkada. Khusunya daerah terdampak bencana, seperti Luwu Utara (Lutra).

Diketahui, per tanggal 9 Desember 2020 mendatang, ada 12 kabupaten dan kota se-Sulsel melangsungkan Pilkada, salah satunya Luwu Utara yang saat ini masih dalam pemulihan pasca bencana banjir bandang yang terjadi 13 Juli lalu.

“KPU Provinsi sudah turun melihat kondisi, tapi memang masalah yang dihadapi adalah banyaknya warga yang terdampak itu kehilangan KTP, tidak punya KK. Makanya saya bilang agar Catatan Sipil mengambil langkah-langkah cepat bagaimana mereka segera memiliki identitas,” ucapnya.

Baca Juga :  Aplikasi NENI SILINCA Pemprov Sulsel Dibanjiri Pendaftar Izin Penelitian

Olehnya itu, NA meminta Disdukcapil di daerah harus segera mengambil langkah-langkah preventif untuk mengantisipasi ketersediaan data tersebut. Koordinasi di tingkat RT, RW, Desa dan Dusun harus dipertegas.

“Catatan Sipil disana (Kabupaten) harus mengambil langkah cepat, minimal pastikan orang ini beralamat disitu kan, tentu RT, RW-nya, desanya, dusunnya yang memberi jaminan itu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pendataan masyarakat yang terdampak musibah banjir tersebut dianggapnya cukup mudah. Sebab sampai saat ini, masyarakat di Masamba Kabupaten Luwu Utara masih berada di pengungsian atau rumah hunian sementara.

Baca Juga :  PBNU Minta Pilkada 2020 Ditunda demi Kesehatan Rakyat

“Sekarang di pengungsian lebih gampang, karena mereka semua ada di pengungsian. Apalagi sebentar lagi Huntara (Hunian Sementara) sudah bisa dihuni. Ini juga butuh surat keterangan domisili,” jelasnya.

. ANDI KHAERUL

loading...