Protokol Kesehatan di Istana Diperketat, Meja Jokowi untuk Terima Tamu Diberi Sekat

Meja oval di Istana Merdeka, Jakarta, tempat Presiden Jokowi biasa menerima tamu diberi sekat kaca akrilik. (Foto: Kris-Biro Pers Setpres)

BERITA.NEWS, Jakarta – Protokol kesehatan pencegahan virus Corona (COVID-19) di Kompleks Istana Kepresidenan diperketat. Kini meja oval di Istana Merdeka tempat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima tamu diberi sekat.

Meja tersebut juga kerap dipakai untuk rapat terbatas secara tatap muka. Selain diberi pembatas kaca akrilik, antar-kursi dipisah dengan jarak 2-2,5 meter.

“Di meja oval yang akan menerima tamu-tamu yang diundang oleh Bapak Presiden, kami siapkan pembatas. Pembatas itu artinya kaca akrilik sehingga Bapak Presiden walaupun berhadapan tetap ada batas,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (3/8/2020).

Heru mengatakan, semua pihak yang ingin bertemu Jokowi wajib melakukan uji seka atau swab test. Selain itu, meskipun sudah melakukan swab test, pada hari H mereka akan kembali diminta untuk melakukan rapid test.

“Walaupun sudah dilakukan swab, pada hari H kami akan lakukan rapid test,” kata Heru, mengutip Detikcom.

Di samping itu, Heru menjelaskan bahwa ruangan-ruangan di lingkungan Istana juga secara rutin dibuka jendelanya sehingga sirkulasi udara lancar dan tetap segar.

“Selain itu, tetap menggunakan masker, tetap cuci tangan, dan tetap masuk ke tabung disinfektan sehingga semuanya terjamin protokol kesehatan di Istana,” ujar Heru.

Comment