Gubernur Sulsel Siap Jadikan Geopark Maros-Pangkep Jadi Pariwisata Dunia

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah membahas Geopark Maros-Pangkep.

BERITA.NEWS, Makassar – Pemerintah kini tengah menggodok Geopark Maros-Pangkep menjadi destinasi pariwisata dunia. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) siap pasang badan mendukung rencana tersebut.

Geopark Maros-Pangkep sendiri adalah kawasan hutan batuan karst luasnya disebut ribuan hektare (ha). Saat ini wilayah tersebut sudah ditetapkan sebagai taman nasional Geopark. Jadi salah satu peroleh sertifikat UNESCO Global Geopark.

“Geopark ini adalah bagaimana memuliakan alam dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, itulah misi Geopark sebenarnya,” ucapnya, di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jendral Sudirman Makassar, Senin (3/8/2020).

Baca Juga :  Pesan Gubernur NA kepada 7 Pjs Bupati: Tidak Boleh Otak-atik APBD, Jaga Netralitas ASN

Meski begitu, NA menyebut Infrastruktur harus lebih dulu dibangun dengan tetap menjaga keaslian situs budaya dan kearifan lokal di dua daerah tersebut.

“Geopark Maros Pangkep ini sangat banyak destinasinya. Makanya saya bilang ini harus betul-betul dijaga keaslian dan kearifan lokalnya. Jangan sampai karena kita membangun kawasan wisata tapi mengubah fungsi,” ujarnya.

Menurutnya, Geopark Maros Pangkep ini sudah memenuhi standar untuk masuk di UNESCO, tapi harus ada konsistensi dari masyarakat dan pemerintah untuk tetap menjaga keasliannya. UNESCO merupakan badan khusus Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Baca Juga :  Ini 7 Nama Pejabat Pemprov Sulsel yang Kemungkinan Jadi Pjs Bupati

“Iya (memenuhi standar), makanya saya bilang harus kita jaga. Jangan sampai kita mengubah fungsinya. Silakan membangun infrastruktur apa saja tapi itu (jangan mengubah keasliannya),” katanya.

. ANDI KHAERUL

loading...