Finis Ketiga di Andalusia, Rossi: Podium Ini Menyerupai Kemenangan

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Valentino Rossi melakukan selebrasi setelah finis peringkat tiga Grand Prix Andalusia, Sirkuit Jerez, Spanyol (26/7/2020) REUTERS/JON NAZCA)

BERITA.NEWS, Jakarta – Valentino Rossi mengakui dirinya merasakan sensasi yang menyerupai kemenangan setelah finis ketiga di Grand Prix Andalusia di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (26/7/2020).

Itu merupakan podium pertama The Doctor sejak terakhir kali melakukan selebrasi sebagai runner-up Grand Prix Amerika Serikat di Texas tahun lalu.

Pebalap tim Monster Energy Yamaha itu sebenarnya sudah menunjukkan kecepatan motor Yamaha M1-nya, yang dibekali set-up berbeda, ketika di sesi latihan bebas di Jerez, Jumat, ia finis kedua, 0,142 detik setelah Vinales yang memuncaki sesi FP1.

Di babak kualifikasi, pebalap Italia itu mampu mengamankan P4.

“Aku sangat senang karena sudah sekian lama dan kami kembali dari periode dan hasil yang sangat buruk,” kata Rossi setelah lomba seperti dilansir laman resmi MotoGP, Minggu.

“Akhir pekan ini kami bekerja dengan cara lain. Aku sangat senang dan semua tim melakukan tugasnya dengan baik.”

Rossi menjalani start yang bagus dan bertahan di P2 di hampir sepanjang lomba, namun kehilangan posisinya dua lap jelang finis ketika disalip Vinales yang finis runner-up setelah Fabio Quartararo.

“Aku mampu menjalani lap dan start yang bagus dan ketika lomba terasa sangat panjang. Tapi aku sangat senang kembali ke podium yang bagiku hari ini tidak seperti kemenangan, tapi serupa dengan itu,” pungkas Rossi, yang terakhir kali merasakan podium teratas ketika membalap di Assen, Belanda, 2017.

Rossi pun sempat melakukan selebrasi di pinggir trek dan menaiki pagar pembatas di depan tribun yang tidak ada penontonnya.

“Sangat lucu karena tempat itu sebenarnya di depan toilet. Itu adalah lokasi di mana aku biasa melakukan selebrasi di masa lalu.

“Aku ingin menyapa semua orang yang ada di rumah dan memberi mereka pelukan, tapi cukup aneh melihat tempat itu kosong. Tapi itu menyenangkan,” kata dia.

Yamaha menyapu bersih podium hari itu, capaian yang terakhir kali pabrikan asal Jepang itu rayakan di atas podium Phillip Island, Australia, 2014.

Sementara juara bertahan Marc Marquez batal tampil di seri tersebut karena cedera tulang lengan atas kanannya kendati sang pebalap tim Repsol Honda itu sempat turun pada hari Sabtu untuk menjalani sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Rossi berharap bisa meneruskan trek positif Yamaha di seri ketiga MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Brno, Republik Ceko pada 9 Agustus.

. ANTARA

Comment