Tak Pakai Helm, Satlantas Polres Jeneponto Tilang Puluhan Motor

Anggota Satlantas Polres Jeneponto saat memeriksa kelengkapan kendaraan seorang pengendara.

BERITA.NEWS, Jeneponto – Satuan lalulintas (Satlantas) Polres Jeneponto menilang puluhan pengendara sepeda motor yang melintas di Jalan Pahlawan, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (13/7/2020).

Puluhan pengendara ditilang ketika personel Satlantas melakukan kegiatan pengamanan aksi unjuk rasa depan depan gedung DPRD Jeneponto.

Para pengendara dihentikan dan ditilang polisi karena melakukan pelanggaran tidak memakai helm.

“Iya, kami tadi tertibkan beberapa pengendara yang melakukan pelanggaran kasat mata tidak menggunakan helm,” kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Jeneponto Ipda Baharuddin.

Menurut mantan Waka Polsek Batang Polres Jeneponto itu, pihaknya menilang 26 pemotor dengan sangkaan melanggar undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) Pasal 291 (1) 106 (8).

Baca Juga :  Harga 1.000 Batang Singkong di Gunung Kidul Tembus Rp6,5 Juta

“Ada 26 yang kami tilang, itu pun tidak semua yang kami tilang. Lainnya kita suruh cari helm, dan yang terpaksa kami tilang karena mereka tidak dapat menunjukkan surat kendaraan yang digunakan saat itu,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menemukan sejumlah pemotor membawa helm namun tidak dipakai.

“Ini yang lucu, mereka bawa helm, tapi helmnya dipangku, tidak dipakai. Itu kita hentikan dan kita anjurkan untuk dipakai,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah petugas dari Satlantas Polres Jeneponto pada pukul 10.30 Wita melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Jeneponto Jalan Pahlawan, Kecamatan Binamu.

Baca Juga :  Bupati Luwu Pimpin Rakor TPAKD, Bahas Asuransi Petani, Petani dan Nelayan

Dirinya berharap kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas saat berada di jalan.

“Kami sangat berharap kepada para masyarakat khususnya yang pemotor untuk memakai helm. Itu kan untuk keselamatan mereka sendiri,” tutupnya.

. MUH ILHAM

loading...