Barcelona Bantai Mallorca 4-0, Messi Sumbang 1 Gol dan 2 Assist

Megabintang Barcelona Lionel Messi (kiri) berusaha mengendalikan bola di bawah kawalan pemain muda Mallorca pinjaman dari Real Madrid, Takefusa Kubo, dalam laga lanjutan Liga Spanyol yang digelar tanpa penonton karena pandemi COVID-19 di Stadion Son Moix, Palma de Mallorca, Spanyol, Sabtu (13/6/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Albert Gea)

BERITA.NEWS, Jakarta – Lionel Messi menyumbangkan satu gol dan dua assist ketika Barcelona menghantam tuan rumah Real Mallorca 4-0 dalam laga lanjutan Liga Spanyol yang digelar tanpa penonton karena COVID-19 di Stadion Son Moix, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Arturo Vidal membuka keunggulan Barcelona lewat gol cepatnya disusul Martin Braithwaite dan Jordi Alba yang memanfaatkan umpan kiriman Messi, sebelum La Pulga melengkapi kemenangan timnya melalui gol injury time.

Kemenangan itu memantapkan posisi Barcelona di puncak klasemen dengan koleksi 61 poin, melebarkan jarak menjadi lima poin dari Real Madrid yang baru memainkan pertandingannya sehari berselang.

Sebaliknya, bagi Mallorca (25) kekalahan itu membuat mereka tertahan di urutan ke-18 klasemen alias posisi teratas di zona degradasi dengan jarak satu poin menuju zona aman, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Pertandingan baru berjalan dua menit ketika Alba mengirimkan umpan silang terukur yang disambut tandukan Vidal untuk mengoyak gawang tuan rumah dan membuka keunggulan Barcelona.

Mallorca berusaha membalas lewat pemain pinjaman Real Madrid, Takefusa Kubo, yang menusuk dari sisi kanan sayang tembakan kerasnya masih bisa ditepis oleh kiper Marc-Andre ter Stegen pada menit ke-22.

Baca Juga :  Dortmund Juara DFB Pokal setelah Hajar Leipzig 4-1

Kubo kembali menebar ancaman pada menit ke-31, tapi lagi-lagi Ter Stegen memperlihatkan kualitasnya sebagai kiper kelas dunia yang patut menjadi pilihan utama tim nasional Jerman.

Enam menit sesudahnya, Barcelona justru berhasil menggandakan keunggulan ketika Messi memantulkan bola demi diselesaikan oleh Braithwaite untuk memaksa kiper Manolo Reina memungut kulit bundar dari dalam gawangnya.

Di babak kedua, kendali permainan banyak berada di tangan Las Blaugranas dan tuan rumah berusaha menyerang tiap memperoleh penguasaan bola, sayang penyelesaian akhir mereka tak kunjung membuahkan hasil.

Malahan pada menit ke-79, Messi mencatatkan assist keduanya di laga tersebut saat umpan terobosan kirimannya berhasil dikejar Alba dan diselesaikan dengan dingin mengecoh Reina demi memperbesar keunggulan Barcelona 3-0 atas Mallorca.

Unggul tiga gol tak membuat Barcelona berpuas diri, pada menit ketiga injury time Messi menandai pertandingan pertama timnya setelah tiga bulan dipaksa beristirahat oleh pandemi COVID-19 dengan sebuah gol.

Luis Suarez, yang baru kembali merumput sebagai pemain pengganti setelah hampir lima bulan menepi untuk pemulihan pascaoperasi, menjadi tandem serangan mematikan dan mengirimkan umpan matang yang diselesaikan dengan tenang oleh Messi untuk memastikan kemenangan Barcelona menjadi 4-0.

Baca Juga :  Liga Inggris: MU Dipermalukan di Kandang, Liverpool Jaga Asa Empat Besar

Barcelona selanjutnya akan menjamu Leganes di Camp Nou untuk pertandingan berikutnya pada Selasa (16/6) waktu setempat (Rabu WIB), sedangkan Mallorca main lebih awal di kandang Villarreal.

Susunan pemain:

Mallorca (4-4-2): Manolo Reina; Alejandro Pozo, Martin Valjent, Julio Pleguezuelo, Joan Sastre (Fran Gamez); Takefusa Kubo, Marc Pedraza (Idrissu Muhammad), Salva Sevilla (Yannis Salibur), Dani Rodriguez; Cucho Hernandez (Junior Lago), Ante Budimir (Abdon Prats)
Pelatih: Vicente Moreno

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto (Nelson Semedo), Gerard Pique, Ronald Araujo, Jordi Alba; Arturo Vidal (Ivan Rakitic), Sergio Busquets (Arthur Melo), Frenkie de Jong; Lionel Messi, Antoine Griezmann (Luis Suarez), Martin Braithwaite
Pelatih: Quique Setien

. Antara