Produksi Sari Aren Manis, Karang Taruna Sopa Bersatu Bulukumba Terima Bantuan Alat Usaha

BERITA.NEWS, Bulukumba – Masih ingat sekelompok pemuda yang di Desa Sopa Kecamatan Kindang yang memproduksi minuman Sari Aren Manis? Kelompok pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Sopa Bersatu tersebut merintis usaha sari aren manis dalam kemasan karena melihat potensi air pohon aren yang ada di wilayahnya.

Selama ini air pohon aren tersebut lebih banyak diolah menjadi minuman “ballo”, sejenis minuman keras tradisional.

Tidak hanya Sari Aren Manis, anak muda tersebut juga mengolah dan memproduksi air pohon aren menjadi cuka sebagai tambahan penyedap masakan. Selain itu, mereka juga memproduksi cemilan kerupuk singkong dengan berbagai varian rasa.

Atas usaha yang dirintisnya, Pemerintah Desa Sopa memberikan bantuan usaha berupa alat produksi seperti kompor dan alat penggorengan kepada Karang Taruna Sopa Mandiri. Pemerintah Desa Sopa juga melalui APBDesa Tahun Anggaran 2020 membantu pelaku usaha lainnya berupa, kompressor, alat tukang berupa mesin ketam besar dan ketam kecil.

Baca Juga :  Kuota PPDB Jenjang SMP di Parepare Masih Kosong 1.145 Kursi, Ini Penyebabnya

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Kindang sekaligus melakukan penyerahan bantuan tersebut meminta para penerima bantuan usaha tersebut untuk memaksimalkan bantuan alat ini agar memaksimalkan produksinya.

“Kami apresiasi Pemerintah Desa Sopa yang telah mengalokasi anggaran desanya untuk pemberdayaan masyarakat, khususnya untuk para pemuda. Saya harap ke depan semakin ditingkatkan,” pintanya saat penyerahan bantuan alat produksi di Kantor Desa Sopa, Selasa (26/5/2020).

Dalam kondisi wabah Covid-19, lanjut AM Sukri Sappewali, usaha UKM atau home industri diharapkan tetap terus bergerak dengan menerapkan standar protokol kesehatan, sehingga perekonomian di wilayah tersebut tetap berlangsung.

Baca Juga :  Lampung Timur Catatkan Kasus Positif Covid-19 Pertama

Ketua Karang Taruna Sopa Mandiri, Nasrullah menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bulukumba dan Kepala Desa Sopa yang memberikan perhatian Karang Taruna yang dia pimpin.
Menurutnya, bentuk perhatiannya dinilai luar biasa, tidak tanggung-tanggung karena memberi anggaran Karang Taruna untuk belanja peralatan alat produksi cuka aren dan kerupuk singkong.

“Alhamdulillah anggarannya sudah dibelanjakan dan alat-alat perlengkapan sudah diterima. Insya Allah ke depan Karang Taruna Sopa Bersatu semakin termotivasi untuk meningkatkan inovasi menuju pemuda mandiri,” kata Nasrullah.

. IL

loading...