Rumah dan Sawah di Polman Terendam Banjir, Warga Enggan Mengungsi

Banjir di Polman (detikcom)

BERITA.NEWS, Polman – Puluhan rumah warga Desa Mammi, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), kembali terendam banjir. Banjir diakibatkan hujan yang terus mengguyur daerah tersebut sejak Kamis kemarin.

Salah seorang warga, Buntu Karua, mengatakan kondisi tersebut diperparah dengan pendangkalan Sungai Mammi dan buruknya drainase yang melewati permukiman. Sehingga air lebih cepat meluap.

“Ini karena hujan deras, air sungai cepat meluap, makanya pemukiman di daerah ini cepat tergenang,” kata salah seorang warga Buntu Karua kepada wartawan, Jumat (22/5/2020), mengutip Detikcom.

Kendati banjir belum surut, warga mengaku enggan mengungsi dan memilih bertahan di rumah masing-masing. Mereka juga mengamankan harta bendanya ke tempat yang lebih aman.

“Ada banyak rumah yang terendam banjir, ketinggiannya sekitar 80 centimeter, kami tetap di sini ” ungkap Buntu Karua.

Berdasarkan pantauan, banjir turut merendam puluhan hektare area persawahan yang baru saja ditanami. Selain itu, ada belasan hektare tambak ikan warga yang siap panen yang terdampak banjir.

Warga juga terlihat berupaya membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat drainase. Mereka berharap banjir segera surut.

Banjir juga menggenangi permukaan jalan poros Desa Mammi hingga menyulitkan warga untuk beraktivitas. Sejumlah kendaraan yang nekat menerobos genangan banjir tampak mogok akibat mati mesin.

loading...