Pejabat Eselon III Dirotasi, Bupati Luwu: Evaluasi Itu Selalu Ada

Bupati Luwu H Basmin Mattayang melantik sejumlah pejabat administrator (eselon III), Jumat (22/5/2020).

BERITA.NEWS, Luwu – Gerbong mutasi kembali bergerak di Pemkab Luwu dengan dilantiknya sejumlah pejabat administrator (eselon III) oleh Bupati Luwu H Basmin Mattayang, Jumat (22/5/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah Pejabat Eselon II, di antaranya Kepala BKPSDM, Kepala BPKD, unsur Kemenag Kabupaten Luwu.

Bupati Luwu H Basmin Mattayang saat pelantikan mengatakan bahwa pergeseran pejabat adalah hal yang lumrah. Apalagi saat ini di mana ASN dituntut untuk bekerja profesional dan mengedepankan kemampuan teknologi informasi.

“Saya meminta kepada adinda/ananda yang dilantik untuk menunjukkan kinerja yang terbaik. Ingat evaluasi selalu ada,” katanya.

Menurutnya, para pejabat yang dilantik untuk memperhatikan fakta intergritas yang ditandatangani. Bupati mengatakan, seorang ASN harus menunjukkan loyalitasnya, menghindari perbuatan tercela, akuntabel dalam melaksanakan tugas, menjadi contoh teladan di tengah keluarga dan masyarakat, dan bersedia dievaluasi oleh pimpinan setiap 6 bulan.

Bupati juga mengingatkan bahwa seorang pejabat tidak boleh menjadi penyebar dan pembuat hoaks. Apalagi menjadi penyebab kekisruhan dalam pemerintahan. “Mari kita menjiwai Pancasila dan UUD 1945 sebagai patron hidup. Jauhkan diri dari frame politik yang keji dan memecah belah. Kita harus satu visi ke depan. Membangun Luwu yang lebih baik,” ujar bupati.

Dijelaskannya, evaluasi itu ada 2, yaitu evaluasi kinerja dan evaluasi perilaku. “Kita ingin pejabat di Luwu ini mengedepankan keduanya. Harus seimbang. Tidak boleh seorang ASN yang bagus kinerjanya tapi tidak hormat sama atasannya, apalagi beretika buruk dalam pemerintahan. Juga sebaliknya, walaupun anda orang yang beretika tapi tidak memperlihatkan kinerja yang baik juga akan dievaluasi,” jelasnya.

Beberapa yang bergerser antara lain Yusriadi Runi yang menjabat Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Industri, Kasmuddin menjadi Sekretaris Badan Pendapatan Daerah, dan Erwin Shardin — anak Anggota DPRD Luwu H. Lahmuddin — menjabat Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembanguan Daerah, serta Ismail SE yang sebelumnya Sekretaris Camat Belopa bergeser menjadi Kepala Bidang PPB menggantikan Arjuno Putra.

. Muh Asri

loading...