Pemdes Bontosunggu Jeneponto Serahkan BLT-DD kepada 127 KK

Foto bersama Kepala Desa usai pembagian BLT-DD di Kantor Desa Bontusunggu.

BERITA.NEWS, Jeneponto – Pemerintah Desa (Pemdes) Bontosunggu, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) kepada 127 Kepala Keluarga (KK), Kamis (21/5/2020).

Penyerahan bantuan tersebut berlangsung di ruang pertemuan Kantor Desa Bontosunggu dan dikawal oleh Bhabinkamtibmas serta Babinsa yang bertugas di Desa Bontosunggu.

Kepala Desa Bontosunggu, Badaruddin mengatakan, dana BLT-DD ini salah satu kebijakan pemerintah pusat yang dilaksanakan di seluruh desa dan diperuntukkan khusus bagi warga miskin yang terdampak Covid-19.

“Jadi yang berhak menerima bantuan langsung tunai ini mereka yang betul-betul masuk dalam kategori warga miskin atau warga yang kurang mampu saja,” ucapnya.

Dia mengatakan, bahwa data tersebut diperoleh dari pendamping desa dan pendamping kecamatan yang didampingi oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Hal tersebut untuk memastikan bahwa yang terdata itu betul-betul warga yang layak menerimanya.

Dari 9 dusun yang ada di Desa Bontosunggu tersebut, lanjut dia, sebanyak 127 KK ditetapkan sebagai penerima BLT-DD berdasarkan hasil musawarah desa insidentil validasi dan finalisasi data di lapangan. Di luar data penerima program Kemensos lainnya, seperti penerima bantuan PKH, BPNT, dan BST Kemensos.

Baca Juga :  Sempat Viral di Sosial Media, Pelaku Penyerang Polisi di Toraja Ternyata Anak Anggota DPRD

Ia menyebutkan, rata-rata penerima bantuan tersebut didominasi janda tua, selebihnya petani/pekebun, nelayan dan buruh harian lepas.

“Alhamdulillah, tadi kita sudah bagikan kepada warga, dalam satu penerima itu mendapat Rp600 ribu per KK. Penyerahan BLT-DD ini akan dilakukan selama tiga bulan berturut-turut,” kata Badaruddin.

Dia juga menyebutkan, dari 9 dusun yang ada di Desa Bontosunggu, jumlah kepala keluarga kurang lebih 1.200 KK. Yang terdaftar namanya sebagai penerima PKH sekitar 306 KK, penerima bantuan pangan langsung tunai (BPNT) 296 KK, penerima bantuan sosial tunai (BST) 195 KK dan penerima BLT-DD sebanyak 127 KK.

“Saya anggap di Desa Bontosunggu ini sisa dihitung jari yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah kita. Adapun yang tidak mendapatkan bantuan sekitar 50 KK, mereka yang tidak menerima bantuan sudah terbilang layak,” jelasnya.

Baca Juga :  Wakapolres Tulungagung: Kampung Tangguh Perlu Ditingkatkan

Masih di tempat yang sama, Badaruddin juga menyampaikan sudah menyerahkan bantuan sosial tunai (BST) Kemensos kepada penerima 18 KK, menyusul nanti 128 KK sesuai nama yang sudah ada dan menunggu sisanya yang 50 KK.

“BST Kemensos ini penyaluran bertahap. Nama-nama penerimanya itu sudah ada memang dan kita tempel ji di tembok. Kami pemerintah desa hanya sebatas membagikannya saja sesuai data dari Kemensos,” ujar Badaruddin.

Dalam penyerahan BLT-DD ini, juga dihadiri Kepala Desa Bontosunggu, H. Badaruddin, Camat Tamalatea, Haeruddin Limpo, BPD dan para pendamping desa.

. Muh Ilham

loading...