Puluhan TKI dari Malaysia Tiba di Parepare, 10 Orang Miliki Suhu Tubuh Tinggi

ilustrasi: net

BERITA.NEWS, Parepare – Sebanyak 88 TKI dari Malaysia tiba di Pelabuhan Nusantara, Parepare, Sulawesi Selatan.

Mereka langsung diperiksa kesehatan setelah melakukan perjalanan dari Nunukan, Kalimantan Utara.

Pemeriksaan dilakukan beberapa meter dari dermaga oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar, Minggu (17/5/2020).

Dari 88 penumpang yang di-screening, ada 10 penumpang yang memiliki suhu di atas normal.

“Dari 88 penumpang yang di-screening terdapat 10 penumpang yang memiliki suhu tubuh di atas 37,5 derajat, olehnya itu kami memberikan notifikasi ke dinas kesehatan masing-masing kabupaten dan kami jelaskan jika ada 1 atau 2 warga mereka yang memiliki demam tinggi, kita minta untuk dipantau dan di-rapid test ulang jika 7 hari ke depan,” kata Koordinator Wilker KKP kelas 1 Makassar, Nurhayati, mengutip Detikcom.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang Dyah Puspita Dewi membenarkan bahwa 1 dari 14 warga Kabupaten Pinrang yang dijemput merupakan TKI yang memiliki suhu badan di atas normal.

“Setelah sampai di Pinrang, akan langsung kami periksa ulang, jika demamnya tidak turun, maka akan langsung kami bawa ke RS,” sebutnya.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Kota Parepare itu menambahkan, selain pemeriksaan di atas kapal, protokol kesehatan berdasarkan Protap WHO diterapkan di dermaga hingga para TKI kembali ke daerah asal.

“Kami masih dilakukan thermal scanner dan penyemprotan disinfektan. Selanjutnya, 88 WNI ini dijemput masing-masing kabupaten untuk dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari,” terang dia.

loading...