Kenapa PSBB Gowa Tidak Dilanjutkan?

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat melakukan video konferensi bersama awak media dan forkopimda Gowa. (Foto:ist).

BERITA.NEWS, Gowa – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengumumkan tidak akan melanjutkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dimana PSBB Gowa berlangsung sejak 4 Mei 2020, dan berakhir pada Minggu 17 Mei 2020 hari ini.

Keputusan itu diambil setelah sebelumnya melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

“PSBB Gowa Insya Allah berakhir Minggu, tepat 14 hari PSBB. Kesepakatan kami bersama Forkopimda bahwa PSBB Gowa tidak dilanjutkan dan akan berakhir tgl 17,” kata Adnan saat memberikan keterangan pers virtual, pada Sabtu, (16/5/2020).

Ada dua alasan PSBB tidak dilanjutkan. Pertama adalah perihal biaya yang tidak sedikit dan kebijakan pemerintah pusat yang harus linear dengan kebijakan Pemkab.

“Khusus ketersediaan logistik, biaya PSBB tidak ringan. Anggaran cukup banyak. Beberapa tempat pengadaan logistik sudah naik harganya sekarang menjelang lebaran. Tidak mungkin kita perpanjang sedang jaringan pengaman sosial tidak memungkinkan,” kata dia.

Ia mengatakan, Pemkab Gowa sempat menunda pemberlakuan PSBB pada akhir April lalu karena ingin memastikan kebutuhan pangan masyarakat. Selain itu, katanya, Pemkab Gowa bersama DPRD Gowa melakukan realokasi APBD Gowa 2020 ketika melaksanakan PSBB tahap pertama.

“Kalau kita lanjutkan, revisi lagi anggaran yang jumlahnya tidak sedikit. Sehingga berbicara kemampuan anggaran Gowa, ini yang menurut kami cukup berat untuk bisa melanjutkan PSBB,” tambahnya.

Sementara untuk kebijakan di internal pemerintah, Adnan mengungkap orientasi dalam menangani pendemi Covid-19 tidak boleh berseberangan. Adnan mengaku melihat kebijakan pemerintah pusat yang mulai melonggarkan transportasi seperti pembukaan bandara.

“Pandangan kami, kalau kita tetap lakukan PSBB, terjadi kontradiksi. Padahal pemerintah harus linear, mulai dari pemerintah pusat, tingkat provinsi kabupaten, kecamatan, sampai tingkat desa. Sehingga ini pertimbangan kita tidak lagi melanjutkan PSBB Gowa,” tandasnya.

  • Putri
loading...