Kabar Akan Dibentuk Partai Amanat Reformasi, Ini Tanggapan PAN

Sekjen PAN Eddy Soeparno

BERITA.NEWS, Jakarta – DPP PAN tak ambil pusing soal kabar akan dibentuknya Partai Amanat Reformasi oleh Amien Rais dan para loyalisnya. PAN mempersilakan jika ada kadernya yang ingin mengabdi di luar partai.

“Terus terang saya belum mengetahui keabsahan berita pembentukan partai baru dengan nama Partai Amanat Reformasi, meski telah mendengar selentingannya dari teman-teman media. Pada prinsipnya kami menghormati pilihan dan hak setiap kader untuk menentukan sikap politiknya dalam berpartai, apakah di dalam atau di luar struktur kepengurusan, atau bahkan di luar partai sekalipun,” kata Sekjen PAN Eddy Soeparno saat dihubungi, Jumat (8/5/2020), mengutip Detikcom.

“Jika ada kader yang merasa lebih pas melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui kendaraan politik di luar PAN, kami hargai keputusan tersebut, karena melihatnya dari perspektif fastabiqul khairat (berlomba-lomba berbuat kebajikan),” imbuhnya.

Eddy mengatakan pihaknya saat ini masih fokus melakukan konsolidasi internal dan bekerja untuk rakyat. Selain itu, menurutnya, ada semangat besar dari para kader untuk bersatu kembali dan membangun PAN menjadi partai besar.

Dihubungi terpisah, Waketum PAN Yandri Susanto mengatakan PAN terbiasa dengan dinamika internal sejak kongres pertamanya digelar. Karena itulah, ia mengatakan tidak bisa mengintervensi dan akan menghargai jika ada kader PAN yang akan mendirikan partai baru.

“Kalau mau mendirikan partai juga biasa, dulu PAN juga ada Partai Matahari Bangsa, kan sempalannya dulu, juga sudah pengalaman dan tidak lolos parliamentary threshold. Jadi, kalau ada yang mau mendirikan partai itu sekali lagi hak mereka, kita nggak bisa menghalangi,” ujar Yandri.

Menurut Yandri, dirinya juga tak khawatir partai baru itu akan menarik kader-kader PAN. Selain itu, sosok Amien Rais dinilainya tidak akan mudah menarik para kader PAN untuk pindah ke partai baru yang dibentuknya.

“Nggak segampang itu juga. Kalau misalkan pengaruh Pak Amien sangat kuat kan harusnya menang di kongres kemarin kan. Jadi kalau Pak Amien mau mendirikan partai, sekali lagi itu hak Pak Amien dan kawan-kawan. Mungkin karena Pak Amien yang mendirikan partai ini bagusnya, ya, kalau sudah kongres sebaiknya kembali ke nol lagi, bersatu kembali, itu kan harapan kita,” ucap Yandri.

“Tapi kalau sekarang ada teman-teman yang tidak puas dengan hasil kongres kemudian buntutnya mendirikan partai, juga tidak bisa kami halangi dan tidak bisa kami hambat. Tapi PAN di bawah komandonya Pak Zul tetap akan bekerja, tetap akan konsolidasi, dan tetap akan mempersiapkan untuk menang di pemilu,” tegasnya.

loading...