Hari Pertama, Iqbal Suhaeb Imbau Warganya Disiplin Terapkan PSBB

Pj Walikota, Iqbal Suaheb usai menghadiri launching kerja sama antara PD Makassar Raya dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa di Pasar Terong, Jumat (24/4/2020)

BERITA.NEWS, Makassar – Hari pertama Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Makassar bertepatan dengan awal bulan suci Ramadan 1441 H/ 2020 M, penjabat Walikota Makassar Iqbal Suhaeb memantau sejumlah titik ruas jalan protokol dalam kota Makassar.

Ditanya oleh sejumlah wartawan terkait penerapan hari pertama PSBB, Iqbal berharap penerapan PSBB di kota Makassar cukup 14 hari saja. Dirinya tidak berharap adanya PSBB tahap kedua. Untuk itu dia menegaskan suksesnya penerapan PSBB tergantung kedisiplinan dari seluruh kesadaran masyarakat untuk berdiam dirumah.

“Kasihan warga masyarakat sekarang banyak yang susah mari kita semua menerapkan PSBB, bagaimana kita disiplin melaksanakannya. Di hari pertama ini saya lihat cukup bagus, ada perubahan signifikan, semoga ini berlanjut terus pada hari hari berikutnya, saya sudah memantau keliling kota lumayan aktifitas sudah sangat berkurang mudah mudahan kita dapat menurunkan penyebaran virus ini,” ujar Iqbal usai menghadiri launching kerja sama antara PD Makassar Raya dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa di Pasar Terong, Jumat (24/4/2020)

Baca Juga :  BPN Sulsel: Total 150 Ha Reklamasi CPI, Pemprov Hanya Kebagian 50 Ha Lahan

Ditanya mengenai sanksi apa saja yang diterapkan bagi pelanggar yang tidak mematuhi aturan PSBB, Iqbal mengatakan kebijakan penindakan diserahkan kepada tim gabungan di lapangan.

“Kita lihat dulu apa bentuk pelanggaran, kalau bentuk pelanggaran yang disengaja tentunya langsung kita tindaki sesuai aturan, kalau pelanggaran tanpa kesengajaan tentunya kita beri pembinaan, intinya kita serahkan kepada petugas di lapangan,” ujarnya.

Baca Juga :  Harga 1.000 Batang Singkong di Gunung Kidul Tembus Rp6,5 Juta

Namun Iqbal tidak menampik bahwa masih ada ditemukan pelanggaran di hari pertama pemberlakuan PSBB yang bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

“Memang masih kita temukan ada satu dua pelanggaran, di lapangan seperti masih adanya tempat ibadah yang buka, namun itu tidak banyak kita negosiasikan untuk memberi pengertian, dari tim gabungan TNI Polri dan Satpol PP mereka jalan terus memantau kondisi kota makassar selama PSBB diberlakukan selama 24 jam penuh,” tandasnya.

loading...