Bukan Wilayah PSBB, Penyeberangan Bajoe-Kolaka Tetap Buka

Pelabuhan Penyeberangan Bajoe, Bone, Sulawesi Selatan, tetap buka.

BERITA.NEWS, Bone – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo resmi melarang mudik. Menteri Perhubungan (Menhub) pun mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang pengendalian transportasi selama masa mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah.

Dalam aturan tersebut dilarang sementara penggunaan sarana transportasi untuk kegiatan mudik pada masa angkutan Idul Fitri tahun 2020.

Larangan penggunaan transportasi berlaku untuk kendaraan yang keluar masuk di wilayah yang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), zona merah penyebaran Covid-19, dan di wilayah aglomerasi yang telah ditetapkan PSBB.

Lalu, bagaimana dengan aktivitas di Pelabuhan Penyeberangan Bajoe, Bone, Sulawesi Selatan, dan Pelabuhan Kolaka, Sulawesi Tenggara?

Pihak pimpinan Pelabuhan Kolaka dan Bajoe telah mengadakan rapat koordinasi secara online, Jumat (24/4/2020). Hasilnya, untuk di Pelabuhan Bajoe Bone Kolaka tetap melayani penyeberangan. Alasannya, karena bukan kategori PSBB dan bukan zona merah.

Berikut hasil rapat koordinasi pimpinan Pelabuhan Bajoe dan Kolaka:

  1. Penyebrangan Kolaka-Bajoe dan Bajoe-Kolaka tetap buka seperti biasa yaitu melayani penumpang dan logistik.
  2. Terkait dengan Peraturan Menteri (PM) No 25 Tahun 2020, penyeberangan Kolaka-Bajoe dan Bajoe-Kolaka bukan kategori PSBB.
  3. Bagi para calon penumpang baik yang akan berangkat dari Kolaka ke Bajoe yang beralamatkan atau KTP Makassar tidak akan dilayani.
  4. Pemberlakukan jaga jarak tetap dilaksanakan di atas kapal.
  5. Petugas harus selalu mengimbau agar para penumpang selalu mencuci tangan.
  6. Tidak akan melayani calon penumpang yang ber-KTP Makassar.
  7. Semua Penumpang dan awak kapal agar tetap menggunakan masker.

Terkait kebijakan tersebut, Kepala Sahbandar Pelabuhan Muhammad Asgar SH mengatakan, untuk di Pelabuhan Bajoe Bone dan Kolaka tetap melayani penyeberangan.

Dan semua penumpang, yang mau naik kapal wajib pakai masker dan diperiksa oleh pihak Karantina Kesehatan, begitu juga kendaraan yang membawa logistik tetap diadakan penyemprotan agar tetap steril.

“Pembukaan pelayanan penyeberangan Pelabuhan Bajoe Bone ke Kolaka tetap dilakukan, karena Bone masih kategori zona hijau Covid-19,” tambahnya.

. Andi Afriadi

loading...