Tangani Covid-19, Pemprov Sulsel Siap Pangkas Rp 500 Miliar Anggaran di OPD 

BERITA.NEWS, Makassar– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel bakal gelontorkan anggaran Rp 500 miliar. tangani pandemi Covid-19 atau Corona Virus. Jika keadaan mendesak. Kamis (2/4/2020).

Saat ini ada Rp 250 Miliar disepakati melalui Refocusing Anggaran. Mengacu pada Inpres Nomor 4 tahun 2020. Dalam

Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tersebut. Diambil dari pemangkasan program OPD.

“Kita sebenarnya Rp 500 miliar, itu angka maksimal. Kita berharap tidak sampai seperti itu. Tapi intinya kalau pun dalam kondisi terburuk membutuhkan itu, kita sudah siap,” kata Kepala Bappelitbangda Sulsel Yusran Yusuf, di Balai Manunggal Jendral M Yusuf.

Menurutnya, Gubernur Nurdin Abdullah (NA) telah meminta semua dinas untuk refocusing anggaran. Bappeda buat secara umum, kemudian dikonfirmasi ke dinas terkait. Dana diambil perjalanan dinas, makan dan minum, pemeliharaan, serta dana dari yang tidak mendesak.

“Dan itu sudah ada masing-masing dinas menyampaikan ke Bappelitbangda, anggaran apa saja yang menurut mereka bisa direlokasi,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan kebutuhan anggaran tersebut, untuk perbaikan rumah sakit, pembelian alat-alat kesehatan, perbaikan fasilitas kamar, obat-obatan, dan anggaran untuk sosial safety net. Refocusing ini dinilai tidak menggangu pengeluaran rutin OPD.

“Kami juga menyampaikan kepada Koorsupgah KPK agar penggunaaan anggaran secara akuntabilitas bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya.

Andi Khaerul

loading...