Ciri Kanker Tenggorokan, Penyebab, dan Pengobatannya

ilustrasi tenggorokan Ciri Kanker Tenggorokan/Foto: ilustrasi/thinkstock

BERITA.NEWS, Jakarta – Kanker tenggorokan menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Penanganan yang tepat bisa membuat seseorang terbebas dari penyakit ini. Apa saja ciri kanker tenggorokan?

Seperti diketahui, tenggorokan merupakan organ vital yang membantu oksigen masuk ke dalam tubuh. Bagian tenggorokan terdapat di belakang hidung hingga pita suara. Demikian dilansir dari Detikcom.

Ciri Kanker Tenggorokan:

1.Penyebab
Kanker tenggorokan umumnya terjadi karena mutasi gen di sel tenggorokan menjadi abnormal. Sehingga pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebab mutasi gen di sel tenggorokan. Kanker tenggorokan bisa juga terjadi akibat asam lambung atau GERD yang diderita. Kemudian, faktor-faktor lainnya juga terjadi karena kurangnya kesehatan gigi, sistem imun yang rendah, hingga jarang mengonsumsi buah dan sayur.

2.Ciri dan Gejala
Ciri kanker tenggorokan bisa dirasakan oleh penderitanya, seperti sakit pada tenggorokan atau sulit saat menelan, suara menjadi serak, berbicara pelo, mengalami batuk kronis, hingga munculnya benjolan di tenggorokan atau leher.

Benjolan di tenggorokan berdasarkan stadium awal hanya berukuran kurang dari 2 cm, kemudian di stadium 2 berukuran hingga 4 cm, dan stadium 3 lebih dari 4 cm, terakhir ciri kanker tenggorokan stadium akhir ditandai dengan penyebaran sel kanker ke getah bening, tiroid, paru-paru, hingga tulang.

3.Pengobatan
Pengobatan dilakukan berdasarkan ciri kanker tenggorokan yang terjadi. Dokter akan mengobati berdasarkan stadium kanker. Proses penyembuhan bisa didapatkan lebih cepat dengan segera pergi ke rumah sakit setelah mengalami gejala.

loading...