Persiapan penyemprotan disinfektan di Kantor Kelurahan Manjangloe, Rabu (25/3/2020).

BERITA.NEWS, Jeneponto – Pemerintah Kelurahan Manjangloe, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, bergerak cepat melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Penyemprotan disinfektan ini agar memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di tengah mewabahnya pandemi corona.

Langkah ini dilakukan oleh Kepala Kelurahan Manjangloe Akhzan Mulyadi ST, bersama Bhabinsa dan Bhabikamtimas didampingi Sekretaris, serta aparat kelurahan.

“Ini merupakan imbauan bupati. Kami bergerak secepat mungkin agar penyebaran virus corona dapat kita cegah sedemikian cepat,” ucap Akhzan, Rabu (25/3/2020).

Menindaklanjuti instruksi bupati agar pemerintah setempat ikut berperan dalam pencegahan dengan penyemprotan ke tempat-tempat fasilitas umum dan tempat pelayanan. Seperti kantor kelurahan, puskesmas pembamtu (Pustu), masjid dan tempat umum lainnya.

“Penyemprotan di tempat fasilitas umum, seperti masjid karena kan di masjid merupakan tempat yang biasa disinggahi orang untuk beribadah dan kita juga tadi lakukan di Pustu,” katanya.

Dia berharap, warga Manjangloe di empat lingkungan untuk mendengarkan imbauan dari Pemkab. Untuk di rumah saja, menetap di rumah masing-masing dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Selain itu harus menjaga jarak antara manusia dan menghindari tempat pertemuaan yang melibatkan banyak orang (Sosial Distancing).

“Kita sudah sampaikan melalui tokoh-tokoh masyarakat dan menghimbau kepada seluruh warga Manjangloe, agar tetap di rumah saja. Bagi petani tetap bekerja, tapi di kebun tidak boleh cukup sepuluh orang karena untuk mencegah penyebaran virus Corona,” sebutnya.

Akzan Mulyadi juga menyampaikan, bila ada masyarakat atau warga Manjangloe yang baru datang dari luar daerah, agar memberikan informasi ke pihak kelurahan atau langsung mendatangi pihak pustu, agar dilakukan pemeriksaan.

“Ketika ada warga yang baru datang dari luar daerah seperti orang sales pulang kampung, agar kiranya lakukan pemeriksaan dulu di Pustu atau dapat melaporkan ke kami,” katanya.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengam Bhabinsa, Babinkamtibmas bersama pihak Puskesmas, tokoh masyarakat dan kepala lingkungan, agar bersama-sama ikut dalam kegiatan pencegahan penyebaran virus Corona.

Salah seorang warga Manjangloe, Darwis sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan pihak Kelurahan Manjangloe. Menurutnya, itu merupakan respon cepat dalam pencegahan penyebaran virus Covid 19.

“Apa yang dilakukan pak lurah beserta Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan seluruh aparat kelurahan, sangat kita apresiasi apalagi ini demi kesehatan. Mudah-mudahan wabah virus corona ini cepat berlalu,” harapnya.

. Muh Ilham