UPDATE COVID-19: Pemprov Sulsel Sediakan Website dan Media Center bagi Masyarakat

Rapat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Baruga Pattingalloang Rujab Gubernur, Sabtu (21/3/2020).

BERITA.NEWS, Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar rapat sosialisasi Posko dan Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 19 (Covid-19), di Baruga Karaeng Pattingalloang, Sabtu (21/3/2020).

Hadir Dinas Kesehatan Sulsel, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Diskominfo Sulsel, serta Asosiasi Relawan Kedokteran Indonesia. Mereka membahas langkah teknis yang akan diambil untuk menangani virus corona di Sulsel.

Perwakilan Asosiasi Relawan Kedokteran Indonesia, Abdul Azis, mengatakan, virus corona ini adalah bencana biologis yang perlu diantisipasi secara bersama-sama. Dan salah satu upayanya dengan lebih memasifkan informasi tentang social distancing.

“Dengan social distancing cukup 14 hari, rantai penularan virus corona itu bisa kita putus,” katanya.

Baca Juga :  Andi Sudirman Ingin Lanjut Proyek Mangkrak di Sulsel, Termasuk Stadion Barombong

Menurutnya, salah satu yang saat ini diperlukan yakni soal transparansi informasi dari pemerintah. Mengingat, beberapa kasus Covid-19 dinilai cenderung tertutup ke publik.

“Misalnya ada korban di satu tempat, harus diinfokan, minimal info wilayahnya. Selain itu harus ada tim yang melakukan contact tracking,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Husni Thamrin, mengharapkan adanya peta penyebaran informasi yang jelas.

“Perlu adanya peta penyebaran informasi satu atap terkait Virus Corona ini, sehingga masyarakat tidak bingung dan menghindari ketidakjelasan informasi,” harapnya.

Baca Juga :  Andalalin Stadion Mattoanging Dievaluasi Pemkot, Ini Penjelasan Dispora Sulsel

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Humas, Informasi, dan Komunikasi Publik Diskominfo Sulawesi Selatan, Erwin Werianto.

Erwin menjelaskan, untuk membantu masyarakat memperoleh informasi yang valid telah disediakan website resmi sebagai media center.

“Pemprov Sulsel telah melaunching website yang dapat diakses masyarakat sebagai media center untuk memperoleh informasi terkait Virus Corona. Masyarakat bisa langsung mengakses ke covid19.sulselprov.go.id,” paparnya.

. Andi Khaerul