Liverpool sudah tidak terkalahkan di 40 pertandingan Premier League. (Foto: Rui Vieira / AP Photo)

BERITA.NEWS, Jakarta – Liverpool terancam batal menjadi juara Liga Inggris musim ini. Hal tersebut lantaran ada wacana penghentian pertandingan Premier League akibat virus corona.

Skuat asuhan Juergen Klopp itu saat ini kukuh di puncak klasemen Liga Inggris dengan 79 poin dari 27 laga yang sudah dimainkan. Liverpool berjarak 22 angka dari pesaing terdekatnya, Manchester City, di peringkat kedua dengan 57 poin.

The Reds hanya membutuhkan empat kemenangan lagi saja untuk bisa mengunci gelar Premier League musim ini. Alhasil, Liverpool berpeluang besar memutus dahaga puasa gelar liga mereka selama 30 tahun itu.

Meski demikian, harapan Liverpool dan para penggemarnya untuk bisa merasakan gelar liga ke-19 mereka di tahun ini terancam buyar. Hal itu tak lepas dari ancaman virus corona yang mulai merambah ke Benua Eropa.

Mengutip Detikcom, beberapa media di Inggris semisal The Telegraph dan The Sun mengabarkan jika Premier League kemungkinan akan dihentikan selama rentang waktu dua bulan. Penghentian tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di wilayah Negeri Ratu Elizabeth itu.

Ini akan menjadi situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Liga Inggris andai kompetisi terpaksa dihentikan sebelum akhir musim. Para pemangku kepentingan di Premier League dilaporkan bakal mengadakan pembicaraan darurat terkait langkah selanjutnya yang dilakukan jika penghentian tersebut benar-benar diberlakukan.

Menurut laporan The Telegraph, tidak ada jaminan buat pemuncak klasemen Liverpool untuk dinobatkan sebagai juara andai penghentian penyelenggaraan Premier League diberlakukan. Ada peluang bila pembicaraan lanjutan bakal menentukan apakah hasil sementara di liga akan tetap dibiarkan bertahan, atau justru tidak dihitung sama sekali.

Tidak hanya soal juara Liga Inggris, tiga klub terbawah di Premier Leeague saat ini, yakni West Ham United, Watford dan Norwich City, juga bisa terkena dampak dari wacana tersebut. Ketiganya memiliki kans tidak akan terdegradasi musim ini andai penghentian pertandingan liga itu diberlakukan.

loading...