Ajax Amsterdam tersingkir dari 32 besar Liga Europa usai dikalahkan Getafe (Peter Dejong/AP Photo)

BERITA.NEWS, Jakarta – Tak hanya Arsenal, tim besar yang tersingkir di babak 32 besar Liga Europa. Semifinalis Liga Champions musim lalu, Ajax Amsterdam, turut masuk kotak usai dikalahkan Getafe.

Pada leg kedua 32 besar yang dihelat, Jumat (28/2/2020) dini hari WIB, Ajax berupaya mengejar ketertinggalan dua gol saat menjamu Getafe di Johan Cruyff ArenA. Tapi, Getafe menyulitkan langkah Ajax ketika membuka gol di menit kelima lewat Jaime Mata.

Lima menit berselang, Danilo membuat skor sama kuat 1-1. Ajax yang tampil dominan dengan 70 persen ball possesion dan membuat delapan attempts akhirnya bisa membuat gol kedua di menit ke-63 lewat bunuh diri Mathias Oliveira.

Tapi, tak ada gol lagi tercipta dan Ajax yang harus mengejar dua gol lagi akhirnya tersingkir usai kalah agregat 2-3 dari Getafe. Bukan prestasi yang membanggakan mengingat Ajax musim ini juga terlempar dari fase grup Liga Champions.

Menyusul Ajax masuk kotak adalah dua raksasa Portugal, Benfica dan Porto. Porto yang gantian menjamu Bayer Leverkusen di Do Dragao butuh membalas kekalahan 1-2 di leg pertama. Tapi, mereka malah keok dengan skor 1-3 untuk tersingkir dengan agregat 2-5.

Benfica pun demikian saat menghadapi Shakhtar Donetsk. Sempat unggul 3-1 duluan atas Shakhtar dan membuat mereka memimpin 4-3 dalam agregat, Benfica kecolongan dua gol yang membuat laga tuntas dengan skor 3-3.

Kalah 1-2 di pertemuan pertama, Benfica mendampingi Porto masuk kotak dengan agregat total 4-5. Satu raksasa Portugal juga tumbang di fase ini, yakni Sporting CP yang kalah 1-4 lewat perpanjangan waktu dari Istanbul Basaksehir.

Kemenangan 3-1 di leg pertama pun jadi sia-sia karena Sporting kalah agregat 4-5 dari Istanbul Basaksehir. Arsenal, Porto, Sporting, dan Benfica adalah para raksasa yang tumbang di fase ini.

Wolverhampton Wanderers masih melaju ke 16 besar usai menyingkirkan Espanyol. Meski kalah 2-3 di pertemuan kedua, Wolves lolos dengan menang agregat 6-3. Sevilla masih lanjut di kompetisi ini usai menyingkirkan CFR Cluj dengan agregat gol tandang 1-1.

Berikut hasil lengkap leg kedua 32 besar Liga Europa
. Espanyol 3-2 Wolves (Wolves menang agregat 6-3)
. Malmo 0-3 Wolfsburg (Wolsfburg menang agregat 5-1)
. Gent 1-1 Roma (Roma menang agregat 2-1)
. Porto 1-3 Bayer Leverkusen (Bayer Leverkusen menang agregat 5-2)
. Basel 1-0 APOEL (Basel menang agregat 4-0)
. LASK 2-0 AZ Alkmaar (LASK menang agregat 3-1)
. Istanbul Basaksehir 4-1 Sporting CP (Istanbul menang agregat 5-4)
. Inter Milan 2-1 Ludogorets (Inter Milan menang agregat 4-1)
. Benfica 3-3 Shakhtar Donetsk (Shahkhtar menang agregat 5-4)
. Ajax 2-1 Getafe (Getafe menang agregat 3-2)
. Celtic 1-3 FC Copenhagen (FC Copenhagen menang agregat 4-2)
. Sevilla 0-0 CFR Cluj (Sevilla menang agresivitas gol tandang 1-1)
. Arsenal 1-2 Olympiakos (Olympiakos menang agresivitas gol tandang 2-2)
. Manchester United 5-0 Club Brugge (MU menang agregat 6-1)

loading...