Suasana penyerahan piangan penghargaan bagi petugas inseminator berprestasi, di Kantor Dinas Peternakan Bulukumba, Selasa (11/2/2020).

BERITA.NEWS, Bulukumba – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba, Sulsel, dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Bulukumba, menyerahkan piagam penghargaan bagi petugas inseminator berprestasi yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan dalam rangka Hari Jadi Bulukumba yang ke-60 tahun ini dilaksanakan di Kantor Dinas Peternakan Bulukumba, Selasa (11/2/2020).

Kepala Dinas Peternakan Bulukumba, Andi Roslinda memberikan saran menggelar lomba kontes ternak bagi para inseminator berprestasi melalui inseminasi buatan.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba AM Sukri A Sappewali menyarankan kepada seluruh OPD yang bisa melakukan kegiatan sesuai dengan bidangnya masing-masing dalam rangka HUT Bulukumba ke-60 tahun. Hal inilah yang mendorong Kepala Dinas Peternakan Andi Roslida untuk menyelanggarakan kontes ternak tingkat kabupaten untuk pertama kalinya.

“Untuk penilaian kontes ternak ini melibatkan dua kategori peserta lomba, yakni kategori ASN dan Non ASN. Proses penilaian pun telah dilakukan evaluasi pelaksanaan sejak Januari-Desember 2019,″ ungkap mantan Kepala Dinas PMD Bulukumba, yang baru dilantik pada 3 Januari lalu.

Inseminasi buatan adalah pengembangbiakan ternak melalui suntikan. Sehingga para inseminator yang bertugas adalah orang-orang terlatih. Selain itu Dinas Peternakan Bulukumba juga memberikan bibit yang langsung didapatkan dari Bali.

Di tempat yang sama untuk juara 1, baik dari kategori ASN dan Non ASN dalam kontes ternak Inseminasi Buatan, mengungkapkan jumlah hasil inseminasi yang diperoleh selama tahun 2019.

Untuk kategori ASN, Muh. Asdar, mengatakan bahwa dari 1100 Inseminasi Buatan yang dilakukan selama satu tahun mampu menghasilkan jumlah ternak sapi yang lahir sekitar 470 ekor dari dua kecamatan. Yakni Kajang dan Herlang.

Sedangkan untuk kategori Non PNS, Alimuddin Hajar, di tahun 2019 ia mampu melakukan Inseminasi Buatan 1700 di 3 kecamatan. Yaitu Bonto Tiro, Herlang serta Bonto Bahari dan mengahasilkan jumlah ternak sapi sekitar 500 ekor.

Andi Roslinda berharap kegiatan seperti ini akan dimasukkan dalam kegiatan tahunan Kabupaten Bulukumba, sehingga para peternak akan termotivasi andil dalam proses inseminasi buatan yang dilakukan oleh pihak Dinas Peternakan Bulukumba. Dan juga bisa memberikan apresiasi penuh kepada seluruh inseminator yang telah bertugas. (*)

loading...