Usung Konsep Baru, Disbudpar Sulsel Kembali Gelar Toraja Maraton Series-4

Press conference Toraja Running Festival di Kantor Disbudpar Sulsel.

BERITA.NEWS, Makassar – Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel kembali akan menggelar Toraja Maraton Series 4 tahun 2020. Beragam konsep menarik telah disiapkan panitia untuk para peserta.

Mengusung tema “Run The Secret Highlands” Toraja Maraton Serie-4 tahun ini digabung dalam satu event. Toraja Running Festival 2020, diisi beberapa item kegiatan unik, bahkan ada penampilan yang pertama kali di indoensia.

Ketua Panitia Toraja Running Festival Sakti Parantean mengatakan ada empat item kegiatan yang digabungkan dalam event ini. Termasuk Toraja Maraton Series-4, Mangiru’ Kopi-Food & Coffe Festival, Toraja Fun Walk 2km.

“Satu kegiatan yang pertama kali dan spektakuler ada di Indonesia yaitu, Lakipadada Water Projection Video mapping di kolam Makale. Festival ini kita rencana mulai 18 April 2020,” ucapnya, Jumat (7/2/2020)

Sakti mengatakan, target peserta tahun ini sebanyak 1.500 pelari dari berbagai kota di Indonesia dan wisatawan manca negara. Tahun 2018, kata Sakti terdaftar 1.200 peserta. Sementara tahun 2019 festival sempat tertunda karena perbaikan jalan.

“Kalau flashback event full maraton di Indonesia timur. Kita beranikan dulu 42 km. Syukur kita sudah tiga kali. 2019 kita tunda karena ada kendala pembangunan jalan. Yang mau daftar bisa datang ke kantor Dinas pariwisata Sulsel, atau lihat media sosial kami @torajamarathon,” tuturnya.

Kabid Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Sulsel Runo Sangla Rantetana mengatakan Toraja Running Festival ini bisa ikut meningkatkan roda ekonomi masyarakat Toraja. Mengingat event akan hadirkan banyak peserta dan wisatawan.

“Jadi ini keempat kalinya, ada naik dan ada turun, mungkin karena momennya. Kita masih mau cari kapan kira bulan yang pas. Toraja Utara itu tidak pusing masyarakat nya. Kami Dukung penuh dari artis, baju panitia, sovernir,” sebutnya.

Selanjutnya, Kabid Prestasi dan Olahraga Dispora Sulsel Muhlis Mallajareng menilai Toraja Marathon ini, sangat seusia dengan program Pemprov. Hadirkan kolaborasi Olahraga dan Rekreasi.

“Ada perkembangan signifikan kemarin kita hanya konses prestasi. Kegiatan ini yang menarik bukan hanya olahraga prestasi tapi olahraga rekreasi dan pendidikan. Jadi ada tiga. Pemprov wajib dukung,” pungkasnya.

Andi Khaerul



Comment