Lurah Manjangloe Bersama Mahasiswa KKN UMI Tanam 150 Bibit Pohon

BERITA.NEWS, Jeneponto — Pemerintah Kelurahan Manjangloe bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muslim Indonesia (KKN-UMI) Makassar melakukan penanaman bibit pohon sepanjang jalan poros Provinsi, Kelurahan Manjangloe, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi selatan, Jumat (24/1/2020).

Sebanyak 150 pohon yang ditanam dipinggir jalan dengan berbagai jenis bibit pohon yaitu bibit Mahoni, pohon Flamboyan, dan bibit pohon Sakura.

Dalam kegiatan dihadiri Lurah Manjangloe
Akhzan Mulyadi, sekertaris kelurahan, mahasiswa KKN UMI Makasaar, Karang Taruna, Bhabikamtimas, Babinsa, dan para aparat kelurahan.

Kepala kelurahan Manjangloe, Akhzan Mulyadi mengatakan penanaman pohon tersebut bertujuan agar wilayah kelurahan Manjangloe memiliki ciri khas tersendiri agar nampak indah.

“Agar nampak dari batas kelurahan, bukan saja itu. Ini juga termasuk visi misi bupati Jeneponto Iksan Iskandar untuk penghijauan memasuki musim penghujan, ,” ucapnya.

Penghijaun ini selain agar kelurahan Manjangloe memiliki ciri khas, dengan bunga merah. “Jadi sepanjang jalan kita tanami bunga Sakura,” Katanya.

Baca Juga :  Ayo ke Butik "Biel Studio", Hari ini Soft Opening dan Diskon Semua Produk

Dia mengatakan, tanaman pohon sangat penting bagi lingkungan, dimana kita tahu bahwa pohon merupakan bagian terpenting dari proses siklus air. Sehingga kata dia, nantinya akan membantu masyarakat lebih mudah mendapatkan air, karna kelurahan Manjangloe sendri persediaan airnya masih sangat terbatas.

“Ini sangat penting bagi kita agar kita melestarikan lingkungan. Saya juga berharap agar masyarakat aktif melakukan penyiraman agar tanaman ini dapat hidup dan berkembang,” imbuhnya.

Lanjut Akhzan mengatakan, kepada Mahasiswa KKN UMI agar tetap terlibat dalam setiap kegiatan kelurahan untuk lebih dekat dengan masyarakat dengan cara bersosialisasi maupun membantu tercapainya setiap program kerja kelurahan Manjangloe.

Sementara itu, koordinator KKN UMI kelurahan Manjangloe, Zein Ukrawi menyampaikan kehadiran mereka diwilayah tersebut untuk terlibat didalam kegiatan program-program kelurahan. Menurutnya, mereka bahkan sudah berbaur bersama masyarakat disetiap kegiatan.

“Saya kira kegiatan ini merupakan langkah awal kami untuk berbaur dengan masyarakat setempat. Sehingga kami bisa lebih dekat dengan mereka. Kami bisa membantu setiap masalah atau kegiatan yang ada di kelurahan Manjangloe ini” kata koordinator KKN yang akrab di sapa Zein.

Baca Juga :  Gempa 6,7 SR Guncang Kabupaten Malang

Salah seorang warga Manjangloe, Firman (32) sangat mengapresiasi dan berterimah kasih kepada pemerintah kelurahan. Dia katakan, sebelumnya didepan rumahnya belum ada sama sekali pohon yang ditanam. Namun saat ini dengan adanya penanaman pohon, sudah menghiasi depan rumahnya.

“Kami sangat mengapresiasi program ini. Terima kasih untuk pemerintah kelurahan beserta mahasiswa KKN UMI sudah menanami pohon didepan rumah. Ini sangat bermanfaat bagi kami semua,” pungkasnya.

Muh Ilham