Perbup Sistem Satu Arah di Gowa Akan Segera Diserahkan Ke Bupati

Rapat Koordinasi Dishub dan Satlantas Polres Gowa terkait Sistem Satu Arah. (Foto: BERITA.NEWS/Putri).

BERITA.NEWS, Gowa – Peraturan Bupati (Perbup) terkait sistem satu arah rencananya akan segera diserahkan kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Hal ini menyusul dengan adanya respon positif masyarakat terkait sistem satu arah yang diterapkan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Gowa sejak 23 Desember 2019 lalu.

“Konsep Perbub sudah ada, akan segera kami sodorkan kepada Bapak Bupati. Saat ini beliau masih melaksanakan ibadah Umroh,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa, Firdaus sesaat setelah
melaksanakan rapat koordinasi bersama Satlantas Polres Gowa. Kamis (23/1/2020).

Lanjut Firdaus, sejauh ini respon yang diterima positif, namun dirinya tidak menampik masih ada segelintir masyarakat yang mengeluhkan hal ini.

“Sistem satu arah ini pada dasarnya kita terapkan untuk mengurai kemacetan, Insya Allah kalau semuanya lancar Peraturan Bupati (Perbub)nya akan keluar,” tambahnya.

Terkait dua Jalan yang mendapatkan protes sistem satu arah, yakni di jalan Masjid Raya dan Andi Tonro. Dishub berencana akan memberlakukan sistem satu arah hanya pada dijam-jam tertentu saja.

Baca Juga :  Viral! Satpol Tulungagung Gagalkan Upaya Bunuh Diri Wanita Muda

“Untuk di sepanjang jalan Masjid Raya dan Andi Tonro kita rencana sistem satu arah hanya kita terapkan pada jam sibuk dimana aktifitas masyarakat banyak, pada pukul 06.00 hingga pukul 19.00 WITA. Dan pada malam hari baru bisa menjadi dua arah lagi,” Jelas Firdaus.

Sementara, Kasat lantas Polres Gowa, AKP Mustari mengimbau kepada masyarakat khususnya pengguna jalan untuk tetap tertib berlalulintas dan menaati rambu-rambu yang ada demi keselamatan dan kelancaran berlalulintas.

“Jadi dalam rapat ini kami dari satlantas mengusulkan untuk diberlakukan jam tertentu sistem satu arah di jalan Masjid Raya dan Andi Tonro. Jadi kami berharap pengendara menaati rambu-rambu yang ada demi kelancaran berlalulintas,”Ucap Mustari yang didampingi KBO Satlantas Polres Gowa Iptu Dayu Arry bersama Kanit Turjawali Iptu Dalhari.

Baca Juga :  Abaikan Jam Operasional, Toko di Tulungagung Terancam Dicabut Ijinnya

Sistem Satu Arah ini akan tetap terus diberlakukan, namun akan ada perubahan di Jalan Masjid Raya hingga Kacong Daeng Lalang dan Patung Massa sampai Perempatan Kantor Camat yakni pemberlakuan Sistem Satu Arah yang diberlakukan hanya mulai pukul 06.00 sampai 19.00 wita.

Sebelumnya, selain Jalan Masjid Raya dan Andi Tonro, beberapa jalan yang disosialisasikan penerapan sistem satu arah oleh Dishub Gowa diantaranya, jalan KH Wahid Hasyim, Jalan Habibu Kulle, jalan Andi Mallombasang, Kacong Dg Lalang, jalan Usman Salengke.

  • Putri